Portugal vs Maroko akan menjadi pertandingan perempat final piala dunia yang digelar malam ini, kedua tim akan bertemu di stadion Al Thumama, Doha, Qatar. 

Pelatih Portugal Fernando Santos kemungkinan akan meninggalkan Cristiano Ronaldo dari starting XI sekali lagi, dan digantikan Goncalo Ramos. 

Mengingat ketika Ronaldo absen, mereka mendominasi pertandingan melawan Swiss dalam pertandingan 16 Besar mereka. 

Sementara Maroko tampil mengesankan di semua pertandingan piala dunia edisi kali ini. Mereka berhasil memuncaki Grup F setelah menang melawan Belgia dan Kanada, sementara juga bermain imbang dengan Kroasia di pertandingan pembukaan mereka.

Maroko kemudian mengalahkan Spanyol 3-0 melalui adu penalti dalam pertandingan babak 16 besar. Tak ada satu tim yang berhasil membobol gawang Maroko. 

Satu-satunya gol ke gawang Maroko adalah ketika Kanada mendapat poin dari gol bunuh diri yang dilakukan pemain Maroko. 

 

Preview Match Portugal vs Maroko Nanti Malam

Maroko tampil impresif di Piala Dunia 2022 dan berhasil menyingkirkan juara dunia Spanyol dengan kemenangan dramatis.

Raksasa Afrika Utara saat ini sedang dalam performa terbaik mereka terlebih kiper utama mereka Yassine Bounou berhasil mencatat rekor dengan hanya kebobolan satu kali dalam empat pertandingan. 

Bahkan Spanyol tak mampu membobol kiper berusia 31 tahun itu. Melawan Portugal, Bouno diharapkan untuk menepis seluruh tembakan yang dilakukan penyerang Portugal. 

Karena disisi Portugal, Os Navegadores memiliki salah satu skuat terbaik di Piala Dunia setelah Brazil. Mereka telah muncul sebagai favorit bonafide tahun ini. 

Jika Maroko memiliki Bouno, Hakimi, dan Ziyech yang menjadi ujung tombak.  Portugal memiliki skuad terbaik seperti Cristiano Ronaldo, Rafael Leao, Goncalo Ramos, Bruno Fernandez, Ruben Nevez, dan Bek berpengalaman Pepe. 

Pertandingan nanti malam adalah pembuktian dari Santos untuk memanfaatkan skuad terbaiknya guna meraih poin untuk memulangkan Maroko. 

Disisi Maroko, mereka tak ingin mencoreng rekor di empat pertandingan terakhir yang luar biasa. Tapi mari kita lihat statistik lainnya menjelang match Portugal vs Maroko :

Head to Head Portugal vs Maroko

Partai Portugal vs Maroko di perempat final piala dunia 2022 menjadi laga ketiga sepanjang pertemuan mereka. Portugal harus menemukan cara untuk menghancurkan lini belakang Maroko yang tahan banting pada hari ini. 

Sejauh ini Head to Head Portugal vs Maroko terjadi di babak grup pada bulan Juni 1986, ketika Maroko mengklaim kemenangan 3-1 berkat dua gol babak pertama dari Abdelrazze Khairi dan gol ke-61 Abdelkarim Krimau.

Kemudian Portugal membalasnya tepat 32 tahun kemudian, ketika Ronaldo mencetak satu-satunya gol di Stadion Luzhniki Moskow dalam lima menit pembukaan untuk membuat tim Afrika Utara itu kalah tipis 1-0 di Grup B.

 

Pertandingan Kunci Portugal vs Maroko

Maroko dan Portugal memiliki kekuatan yang sama menyangkut rekor head-to-head dan telah memenangkan satu pertandingan dari masing-masing total dua pertandingan yang dimainkan antara kedua tim. 

Kehadiran atau ketidakhadiran Cristiano Ronaldo di lapangan dapat membuat perbedaan besar dalam hasil melawan Swiss.

Namun belum jelas apakah kapten Portugal itu akan menjadi starter melawan Maroko setelah ia dicadangkan pada pertandingan babak 16 besar melawan Swiss.

Karena jika kita melihat rekor pertemuan mereka hanya Ronaldo yang mampu membobol gawang Maroko. Sementara jika kita bandingkan dengan Hakim Ziyech tentu banyak perbedaan yang terlalu kompleks dalam lini serang. 

 

Coba perhatikan skills Ronaldo vs Hakim Ziyech melalui cuplikan gambar dibawah ini :

 

statistik cr7 vs ziyech

Berita Kedua Tim Terbaru

 

Portugal

Setelah performa yang menurun, pemain Portugal dengan penampilan terbanyak (195 caps) dan pencetak gol terbanyak sepanjang masa (118 gol) Cristiano Ronaldo sekarang diasingkan lagi ke bangku cadangan.

CR7 digantikan oleh Goncalo Ramos sebagai gantinya yang menjadi target man. Fernando Santos juga mencoret Joao Cancelo saat melawan Swiss, memilih Raphael Guerreiro di bek kiri dan Diogo Dalot di kanan, dan pemilihan itu mungkin tetap tidak berubah.

Inklusi lain yang digembar-gemborkan, Otavio yang harus menjadi starter utama di lini tengah, sementara William Carvalho berharap untuk mendampingi Ruben Neves untuk mempertahankan tempatnya di ruang gelandang bertahan. 

Sementara itu, Nuno Mendes yang sebelumnya absen dari babak sistem gugur karena cedera dan Danilo masih diragukan. Santos akan menurunkan Ruben Dias yang akan berduel dengan Pepe di jantung pertahanan. 

 

Maroko

Berbeda dengan berita terbaru Portugal, Maroko telah menurunkan XI yang begitu konsisten sepanjang pertandingan. 

Namun, Walid Reragui memiliki beberapa kekhawatiran mengenai penurunan stamina tentang beberapa roda penggerak integral seperti bek West Ham United Nayef Aguerd.

Bek tengah yang selalu hadir ini harus berpacu dengan keadaan setelah ia ditarik keluar lapangan saat menang atas Spanyol.

Kapten Romain Saiss juga mengalami kram di kakinya setelah bertanding melawan Spanyol, namun Reragui akan tetap memainkannya di jantung pertahanan.

Selanjutnya, Sofyan Amrabat juga berhasil melewati rasa sakit karena masalah punggung.Kedua bek sayap juga mengalami masalah cedera di Qatar, tetapi jika semua tersedia, tim yang dipelopori oleh trio penyerang Sofiane Boufal, Hakim Ziyech dan Youssef En-Nesyri akan terlihat sangat mirip dengan yang menyingkirkan La Roja.

 

Starting Line Up Kedua Tim

Pertandingan perempat final Portugal vs Maroko menjadi yang terbaik apabila kedua tim menampilkan performa terbaiknya. Racikan strategi Santos akan sama ketika menghadapi Swiss, tetapi ada perubahan di sisi penyerang sayap. 

 

Starting Line Up Portugal Melawan Maroko :

Formasi : 4-2-3-1

Kapten : Pepe

Susunan Pemain : Costa, Dalot, Pepe, Dias, Guerreiro, Neves, Otavio, Silva, Fernandes, Felix, dan Goncalo Ramos.

 

Berbeda dengan Portugal yang memainkan satu penyerang target man, Maroko memasukkan dua penyerang sekaligus, berikut dibawah ini :

 

Starting Line Up Maroko Melawan Portugal :

Formasi : 4-3-3

Kapten : Saiss

Susunan Pemain : Bono, Hakimi, Aguerd, Saiss, Mazraoui, Amrabat, Amallah, Ounahi, Ziyech, En-Nesyri, dan Boufal.

 

Peluang Kedua Tim

 

Maroko

 

Kekuatan Tim Melawan Portugal :

Dua pemain Maroko yang paling diandalkan adalah bek kanan PSG Achraf Hakimi dan pemain sayap Chelsea Hakim Ziyech.

Maroko juga memiliki kiper terbaik mereka Y. Bono ( untuk mendominasi PK yang menentukan), gelandang Sofyan Amrabat dan Azzedine Ounahi. Sofiane Boufal juga pemain yang berbahaya di sayap kiri berduet dengan Ziyech di sayap kanan.

 

Kelemahan :

Hanya saja terkadang penyerang Maroko fokus membantu lini pertahanan. Jadi ketika penyerang sayap memberikan umpan, tidak ada yang menyambutnya di lini depan. 

 

Portugal 

 

Kekuatan Tim Melawan Maroko :

Portugal berputar di sekitar Ronaldo. Namun pada tahun 2022, hal itu tidak lagi sama. Faktanya, semua tanda menunjukkan bahwa Goncalo Ramos sekali lagi akan menggantikan Ronaldo. Penyerang muda itu kemungkinan akan diapit oleh Joao Felix di sebelah kiri dan Bruno Fernandes di sebelah kanan.

Gelandang dan bek top juga dimiliki oleh Portugal seperti : Bernardo Silva, William Carvalho, Ruben Neves, Ruben Dias, Joao Cancelo, dan Pepe.

 

Kelemahan :

Melawan Maroko mungkin saja Portugal akan kalah di drama adu penalti. Jadi kelemahan mereka hanya mentalitas.