redaksiharian.com – Belakangan ini, masyarakat banyak mencari pengobatan alami guna ‘memperbaiki’ kondisi tubuh.

Tak sedikit yang menggunakan beragam rimpang atau rempah lainnya untuk memelihara tubuh yang sehat.

Ternyata, hanya dengan empat bahan alami saja sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Dokter sekaligus penggagas Jurus Sehat Rasulullah , dr. Zaidul Akbar , membagikan resep ramuan yang memiliki segudang manfaat.

Cukup sediakan bawang putih, jahe, kayu manis, dan jeruk nipis, beberapa kondisi tubuh dapat diperbaiki.

Dikutip dari unggahan Instagram @zaidulakbar, berikut resep ramuan ala dr. Zaidul Akbar :

– Dua siung bawang putih, iris tipis.- Jahe (dua jempol dewasa), iris tipis.- Kayu manis sekelingking orang dewasa.- Setengah potong jeruk nipis, dipotong dadu dan buang bijinya.

Cara pembuatan:

Masak empat bahan tersebut dengan air sebanyak 300 ml dengan api sedang jangan sampai mendidih. Olah bahan tersebut sampai keluar aroma, tunggu sampai hangat, ramuan siap disajikan.

Sang penggagas Jurus Sehat Rasulullah tersebut membeberkan, ramuan tersebut bermanfaat untuk menguatkan metabolisme, penernaan, dan jantung.

Selain itu, dapat mencegah pengentalan darah, melenturkan pembuluh darah, mengurangi lemak, memperbaiki keseimbangan gula darah, sumber antioksidan, sumber vitamin C, hingga melancarkan pencernaan.

“Untuk yang darahnya kental, bisa pake resep ini atau pencernaannya bermasalah juga bisa,” kata dia menegaskan.

Melasir laman Healthline, penelitian menunjukkan, bawang putih memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, seperti perlindungan terhadap flu dan kemampuan untuk membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

Dalam studi tahun 2018 yang dilakukan terhadap 60 orang dengan hiperlipidemia, 30 orang yang menerima 5 gram bubuk pasta jahe setiap hari mengalami penurunan kadar kolesterol jahat 17,4 persen dalam periode tiga bulan.

Meski penurunannya sangat mengesankan, penting untuk mempertimbangkan bahwa peserta penelitian menerima dosis yang sangat tinggi.

Sementara kayu manis, dikutip dari sumber yang sama, kaya akan antioksidan dan senyawa bermanfaat lainnya. Beberapa penelitian menunjukkan, dapat membantu mendukung kontrol gula darah, melindungi dari penyakit jantung, dan mengurangi peradangan.

Adapun jeruk nipis, kaya akan vitamin C dan antioksidan. Bahkan dilaporkan, dengan mengonsumsi jeruk nipis atau minum jusnya dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi faktor risiko penyakit jantung, mencegah batu ginjal, membantu penyerapan zat besi, dan meningkatkan kesehatan kulit.***