Prediksi semi final piala dunia kami membahas lengkap melalui artikel ini. Perempat final akan dimulai pada 9 Desember hingga 11 Desember 2022, terdapat 6 tim yang akan berlaga nantinya. 

Jarak perempat final ke semifinal tak cukup jauh, tetapi menuju semi final FIFA kemungkinan akan memberikan libur dalam beberapa hari untuk mengistirahatkan peserta tim.

Tapi uniknya disini, Qatar menjadi tempat angker bagi raksasa eropa karena banyak dari mereka yang gugur lebih awal. 

Peserta tim yang lolos ke babak perempat final juga cukup mengejutkan seperti Maroko menjadi negara islam pertama yang berhasil melaju ke babak penting ini. 

 

Lalu bagaimana prediksi semi final piala dunia? 

Banyak dari peramal dan pengamat sepak bola yang melenceng. Mulai dari Luis Milla yang mengatakan bahwa semi final Spanyol akan bertemu Brazil tetapi kenyataannya Spanyol lebih dulu pulang.

Ada juga Joshua Bull, seorang ahli matematika dari Universitas Oxford yang memprediksi Belgia melawan Brazil di semifinal piala dunia 2022.

Tetapi semua prediksi meleset. Kini Ketua Umum Asprov Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Bali Ketut Suardana memprediksi ada 4 tim yang lolos ke semifinal piala dunia 2022. 

Menurutnya, “Kalau semifinal Saya prediksi Argentina dengan Brazil, Perancis dengan Portugal,” ucap Suyanto Tanjung kepada Tribun Pontianak, pada Rabu 7 Desember 2022.

Sementara itu redaksi harian juga memprediksi tim yang lolos ke babak semi final piala dunia 2022. Tetapi kami tak hanya memprediksi berdasarkan dugaan, ataupun berdasar dari vote. 

 

1. Brazil

Pertama, kami memprediksi Selecao yang akan melenggang mulus ke babak semi final.  Mengingat perjalanan mereka di piala dunia 2022 sangat baik, Brazil berhasil :

 

A. Menang 2-0 atas Serbia

Perjalanan Brazil di babak grup piala dunia 2022 sangat menguntungkan, di matchday 1 mereka berhasil membuka laga pertama dengan kemenangan 2-0.

 

B. Catat Cleen Sheet di Matchday 2

Brazil juga berhasil mencatat cleen sheet di match kedua mereka melawan Swiss. Saat itu gawang Alisson berhasil diamankan oleh Thiago Silva. Kemenangan tipis 1-0 atas Swiss berhasil mereka raih. 

 

C.Menang Telak atas Korea Selatan 4-1

Di partai 16 besar, Brazil berhasil memulangkan wakil Asia Korea Selatan dengan skor telak 4-1.

Tite sengaja membuat skuadnya mencetak gol di babak pertama agar babak kedua ia bisa melakukan recovery pemain kesebelasannya. 

Di babak perempat final tentu saja kami menganalisa Brazil yang akan keluar sebagai pemenang. Kroasia adalah tim yang tak terlalu super power. 

Mengingat rekor pertemuan Selecao melawan Kroasia dimenangkan oleh Selecao dengan 3 kemenangan beruntun, dan 1 kali hasil imbang. 

 

2. Maroko

Kedua, Maroko menjadi tim berikutnya yang akan meloloskan diri ke semi final piala dunia 2022.Kami memprediksi Maroko akan memenangkan laga kontra Portugal 10 Desember 2022 nanti. 

Terlebih CR7 dalam performa buruknya yang membuat Portugal tidak terlalu beringas di lini serang. Maroko juga memiliki rekor yang cukup baik di piala dunia 2022 apa saja kira-kira? 

 

A. Juara Grup

Maroko berhasil finish di puncak Grup,  mereka tak terkalahkan sama sekali. Menang 2-0 melawan Belgia, imbang 0-0 melawan Kroasia, dan di partai terakhir menang 2-1 atas Kanada. 

 

B. Tak kebobolan selama 120 menit

Spanyol yang digadang-gadang masuk ke semifinal piala dunia ternyata tak bisa membobol gawang Maroko. 

Dari babak pertama hingga babak kedua, bahkan melalui perpanjangan ekstra time Spanyol tak bisa membobol gawang Maroko. 

 

3. Argentina

Meskipun mengawali partai pembuka yang kurang baik, mereka kalah 1-2 dari Arab Saudi. Tetapi Messi cs bisa memaksimalkan dua pertandingan babak penyisihan grup dengan baik. 

La Albiceleste berhasil mengamankan pertandingan kedua dengan mengalahkan Meksiko 2-0 untuk memastikan posisi mereka tepat dibawah Polandia. 

Di partai akhir penyisihan grup, Argentina juga berhasil memetik 3 poin atas kemenangan 2-0 dari Polandia sekaligus memuncaki Grup C piala dunia 2022.

Argentina juga berhasil mengalahkan Australia dengan skor 2-1, dan bertemu Belanda di babak perempat final nanti. 

 

4. Perancis

Meskipun kutukan juara dunia sudah berakhir ditangan Brazil, sepertinya Perancis perlu membuktikan diri untuk memutus kutukan kedua kalinya. 

Di piala dunia 2022, Perancis bermain cukup stabil kecuali kekalahan mereka atas Tunisia dengan skor 1-0. Tetapi kami memaklumi saat itu Perancis menurunkan skuad cadangan ketika menghadapi tunisia. Perancis berhasil memuncaki Grup D piala dunia 2022 dengan kemenangan 2 kali dan kekalahan 1 kali. 

 

Coba kita lihat peta kekuatan Perancis di piala dunia 2022 :

 

A. Memiliki Striker Mematikan

Perancis memiliki striker mematikan yang berbahaya di kotak penalti lawan sebut saja K. Mbappe, dan Oliver Giroud.  Mbappe yang baru berusia 23 tahun dalam edisi dua piala dunia berbeda ia mencetak 7 gol dalam 9 laga. 

Sementara Giroud berhasil melewati rekor T. Henry dengan torehan 52 gol dan menjadi pencetak gol terbanyak di timnas Perancis. 

 

B. Strategi yang Pas

Deschamps menjadi pelatih cerdik yang memanfaatkan peluang generasi emas timnas Perancis dari tahun 2018.

Kami menganalisis kekuatan timnas Perancis berasal dari pelatih berusia 54 tahun itu. Deschamps berhasil meracik strategi yang pas untuk skuadnya, di setiap laga melawan tim berbeda, ia menyesuaikan dengan baik. 

 

C. Memiliki Kiper Berpengalaman

Perancis juga memiliki kiper berpengalaman H. Lloris. 

Kiper Tottenham Hotspur tersebut menjalani penampilan ke-142 bersama timnas Perancis dan menyamai rekor yang dipegang oleh bek Lilian Thuram.

Total clean sheet yang dipegang Lloris berjumlah 125 dalam 354 pertandingan disepanjang ia berkarir. 

 

Prediksi Semi final Piala Dunia

Selain empat tim diatas yang berpeluang masuk ke babak semi final, kami juga memprediksi pertandingan big match di semifinal piala dunia nantinya. 

Kami memprediksi Brazil akan bertemu Argentina di partai semifinal piala dunia, dan pemenang atas pertandingan ini adalah Brazil. 

Sementara, Maroko akan bertemu Perancis di partai semifinal kedua, dan Perancis yang akan keluar jadi pemenang. Semifinal piala dunia kali ini memang menjadi partai big match yang akan ditonton oleh jutaan penggemar di dunia. 

Bahkan Qatar yang menjadi tempat bertandingnya peserta tim telah menciptakan keajaiban bagi tim kuda hitam yang berlaga. Maroko, Arab Saudi, Korea Selatan, dan Jepang menjadi empat tim yang merasakan keberuntungan di Qatar. 

 

Kesimpulan

Prediksi semifinal piala dunia yang kami terangkan sejatinya berdasarkan statistik dan sejarah dari pertandingan yang mereka lakoni. Apabila prediksi kami benar bisa dipastikan Brazil dan Perancis yang akan bertemu di final. 

Tetapi apabila Argentina berhasil bermain dengan baik kemungkinan besar Argentina yang akan keluar menjadi juara piala dunia edisi 2022.

Perlu diketahui semua peserta tim yang lolos ke perempat final memiliki peluang yang sama untuk bisa masuk ke babak semifinal, termasuk Kroasia, Belanda, Portugal, dan Inggris.