Big match piala dunia 2022 terjadi lagi di partai babak 16 besar, kali ini wakil Asia akan berjumpa wakil asal Amerika latin. Brazil vs Korea Selatan menjadi pertemuan ke delapan mereka sepanjang rekor head to head kedua tim. 

Terakhir kali Brazil vs Korea Selatan bertemu di tahun 2002, saat itu Tim Samba berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 5-1.

Piala Dunia edisi kali ini kedua tim akan bertemu di babak 16 besar, kami akan mengulas lengkap bagaimana informasi mengenai :

 

Head to Head Brazil vs Korea Selatan

Pertemuan kedua tim terjadi dalam pertandingan persahabatan pada Agustus tahun 1995, ketika Dunga mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan tersebut untuk memberi kemenangan 1-0 kepada Brazil.

Brazil vs Korea Selatan terakhir berhadapan pada bulan Juni, ketika Richardson, Philippe Coutinho, Gabriel Jesus dan dua gol dari Neymar membuat tim Asia Timur itu kalah 5-1 dalam pertandingan persahabatan. 

Kemenangan tim asuhan Bento dalam sejarah melawan Brazil terjadi pada Maret tahun 1999, ketika Kim Do-Hoon mencetak gol kemenangan dramatis pada menit ke-90 untuk membuat juara dunia lima kali itu kalah 1-0 di Stadion Olimpiade.

 

Kami merangkum Head to Head Brazil vs Korea Selatan secara lengkap dibawah ini :

  • 12 Agustus 1995: Brazil vs Korea Selatan ( 1-0 )
  • 10 Agustus 1997: Brazil vs Korea Selatan ( 2-1 ) 
  • 28 Maret 1999: Brazil vs Korea Selatan ( 0-1 ) 
  • 20 November 2002 : Brazil vs Korea Selatan ( 3-2 ) 
  • 12 Oktober 2013: Brazil vs Korea Selatan ( 2-0 ) 
  • 19 November 2019 : Brazil vs Korea Selatan ( 3-0 ) 
  • 2 Juni 2022 : Brazil vs Korea Selatan ( 5-1 )

 

Preview Menjelang Match Brazil vs Korea Selatan

 

Brazil

Piala Dunia 2022 merombak keseluruhan skuad Brazil. Di babak penyisihan grup peluang demi peluang menghampiri Selecao yang banyak berubah dalam pertandingan terakhir Grup G mereka melawan Kamerun. 

Sembilan kemenangan berturut-turut telah mereka raih dan kini Brazil menatap laga krusial melawan Korea Selatan. Meskipun sempat lambat dalam mencetak gol di babak pertama, Tite merombak perubahan lini penyerang. Richarlison yang berubah menjadi target man, dan Neymar beralih ke sisi sayap. 

Sejauh ini mereka telah melewati lima pertandingan di Piala Dunia tanpa mencetak gol di babak pertama, mereka selalu membutuhkan babak kedua untuk terciptanya gol. 

Namun meskipun begitu, Selecao kini lolos ke babak sistem gugur Piala Dunia untuk kesembilan kalinya berturut-turut, dan sudah 32 tahun sejak Brazil terakhir kali tersingkir di babak 16 besar, mereka menderita kekalahan 1-0 dari Argentina berkat gol Claudio Caniggia.

 

 

Korea Selatan

Berbeda dari Brazil, Korea memiliki keberuntungan yang sempurna di babak penyisihan grup. 

Perempat final kali ini paling bersejarah di Piala Dunia, termasuk Korea Selatan yang menjadi wakil Asia kedua setelah Jepang yang lolos ke babak sistim gugur.

Setelah Portugal mereka kalahkan, Uruguay yang sempat menang 2-0 melawan Ghana tak memiliki poin yang cukup untuk lolos ke babak 16 besar.

Kim Young-gwon mengambil keuntungan untuk menyamakan skor sebelum jeda paruh waktu, dan dengan 91 menit waktu berjalan, Hwang Hee-chan dari Wolverhampton mencetak gol penyelamat dalam kemenangan 2-1.

The Tigers of Asia hanya pernah berhasil melewati babak 16 besar di Piala Dunia sekali, dan mereka juga pernah mencapai semifinal di piala dunia edisi tahun 2002.

Tentu melawan Brazil, Bento tak ingin mengalami kegagalan, ia kemungkinan akan memainkan formasi yang sama. Jadi tetap gulirkan artikel ini hingga akhir. 

 

Taktik dan Starting Line Up Brazil vs Korea Selatan

 

Korsel

Korea Selatan telah melakukan satu kejutan besar di Piala Dunia ini dengan mengalahkan Uruguay untuk lolos dari grup mereka berkat kemenangan atas Portugal.

Melawan Brazil, Korea Selatan kemungkinan besar akan memainkan pemain yang sama namun dalam strategi yang berbeda. 

Hwang Hee-chan yang menjadi pemain dari bangku cadangan saat melawan Portugal bisa dimainkan lebih awal oleh Bento ketika menghadapi Brazil.

Sementara bek mereka Kim Min-jae juga kemungkinan akan bermain di posisi bek pertahanan setelah absen dalam pertandingan melawan Portugal.

Lee Kang-in dan Kim Young-gwon harus absen karena masalah fisik saat melawan Portugal dan beralih ke bangku cadangan. 

Tetapi Bento akan memainkan Son Heung-min sebagai jimat utama Korea Selatan, dan berharap dapat membantu Korea memenangkan pertandingan.

 

Starting Line Up Korea Selatan, Formasi : 4-3-3

( GK )  Kim Seung-gyu

( CB )  Kim Moon-hwan

( CB )  Kyung-won

( Full Bek ) Young-gwon

( Full Bek )  Jin Su

( CMF ) In-beom

( MF ) Woo-young

( MF ) Hee-chan

( LWF ) Kang-in

( RWF ) Son Heung-min

( CF ) hwang hee-chan

 

Brazil

Brazil akan mengalami perubahan besar-besaran dalam skuadnya. Tite akan merubah formasi dari XI utama menjadi alternatif yang merombak pemain keseluruhan. 

Alex Telles dan Gabriel Jesus mengalami cedera lutut kanan saat pertandingan sebelumnya. Ada kekhawatiran bahwa keduanya tidak akan tampil lagi di piala dunia 2022.

Tite mengutarakan pendapatnya : “Ada “harapan tinggi” bahwa Danilo akan dimainkan setelah mengalami cedera pergelangan kaki pada pertandingan pembukaan Brazil melawan Serbia.”

Sisi lain pemain bintang mereka Neymar tetap akan dimainkan meskipun ia masih berjuang dengan masalah cedera kaki. 

Dokter tim Brazil, Rodrigo Lasmar, mengungkapkan bahwa keraguan tetap ada atas keterlibatan duo terakhir itu saat mereka menunggu untuk melanjutkan pelatihan sore ini. 

Tetapi kami memprediksi Neymar akan diturunkan di skuad inti guna memastikan kemenangan Selecao ke perempat final. 

Mundurnya Alex Telles dan masalah pinggul Alex Sandro telah membuat Tite kekurangan bek kiri. Tetapi Tite masih memiliki Danilo yang cukup baik dalam pemulihannya dari keseleo pergelangan kakinya sendiri. 

Kemungkinan Militao akan menempati posisi bek sayap kanan, atau memainkan opsi Dani Alves untuk mengcover bek utama mereka.

 

Starting Line Up Brazil, Formasi : 4-2-3-1

( GK ) Alisson

( CB ) Marquinhos

( CB ) Thiago Silva

( Full Bek ) Militao

( Full Bek ) Danilo

( MF ) Fred

( DMF ) Casemiro

( RWF ) Vinicus

( LWF ) Neymar

( AMF ) Rapinha

( CF ) Richarlison

 

Prediksi Skor Brazil vs Korea Selatan

Bek sayap veteran Brazil Dani Alves menyebut kekalahan mengejutkan timnya dari Kamerun sebagai “sinyal peringatan”. Tite mungkin akan kembali ke sisi yang mencegah Korea Selatan bermain menyerang.

Paulo Bento memulai turnamen tanpa tembakan ke gawang melawan Uruguay dan mungkin ini akan terjadi lagi saat melawan tim Brazil. 

Son Heung-min memperingatkan: “Tidak ada yang tahu dunia sepak bola, apalagi sekarang,” setelah mengalahkan Portugal. Kami tak bisa santai, ” ujarnya. 

 

Penutup

Brazil vs Korea Selatan adalah partai yang dinanti oleh pecinta sepak bola di seluruh dunia. Jika Brazil menang maka Selecao berhasil memperpanjang rekor kemenangan untuk tim samba. Sementara jika kalah, maka Korea Selatan berhasil memperpendek rekor kekalahan mereka. Tretapi, Kami memprediksi Brazil akan memenangkan pertandingan dengan skor 2-0, dan melaju ke babak 8 besar.