Hasil piala dunia tadi malam mempertemukan Perancis vs Polandia di babak 16 besar yang dimenangkan oleh Les Bleus dengan skor 1-3. 

Dengan kemenangan ini membuat Perancis lolos ke babak 16 besar, dan untuk Polandia mereka menelan kekalahan untuk sembilan kalinya melawan Les Bleus. 

Tetapi torehan rekor baru yang diperhatikan oleh dunia adalah Gol Oliver Giroud, dan K. Mbappe. Apa alasannya? 

 

Pencetak Gol Terbanyak Seumur Hidup di Les Bleus

Pertandingan Perancis vs Polandia tadi malam mengukir sejarah baru bagi Oliver Giroud yang mencetak gol pembuka Les Blues di menit 43′.

Giroud berhasil meraih gelar “Pencetak gol terbanyak seumur hidup ” untuk Perancis. Ia sukses melewati rekor 51 gol Thierry Henry legenda Perancis yang sudah bertahan sejak Oktober tahun 2009.

Giroud mengemas 52 gol dari 117 pertandingan bersama timnas Perancis, sementara Henry baru mengemas 51 gol selama ia berkarir di Les Blues. 

Menurut data OPTA, Striker berusia 36 tahun itu menjadi pencetak gol tertua sepanjang sejarah Piala Dunia di babak knock out. 

 

Mbappe Membawa Namanya Meraih Puncak Top Skor Sementara

Selain Giroud, Hasil piala dunia tadi malam juga membawa Mbappe berhasil mencatat namanya ke papan skor sementara dengan torehan 5 gol dalam empat laga. 

Usianya yang hampir 24 tahun di tanggal 20 Desember nanti, Kylian Mbappe telah mengantongi 9 gol dari 11 pertandingan piala dunia selama ia berkarir. 

Mbappe juga memecahkan rekor Cristiano Ronaldo yang mencicipi dua edisi piala dunia dengan 8 gol CR7 dalam 20 penampilan pada edisi yang berbeda. 

 

Perancis vs Polandia Hasil Akhir 3-1

Kemenangan Perancis atas Polandia membuat dua pemain mereka mencatat rekor baru. 

Perancis berada dalam kendali permainan dengan penguasaan bola 53% di babak pertama. Polandia hanya mencatat 47% penguasaan bola yang terlihat lemah di lini tengah.

Lewandowski hanya melakukan tembakan tepat sasaran satu kali saja. Pertahanan Perancis sangat rapat sehingga mengerahkan tujuh pemain untuk menjaga posisi pertahanan.

perancis vs polandia stats

Lewandowski hanya menciptakan skema penyerangan, tetapi setiap melakukan tembakan dari jarak jauh, tembakannya melebar dari tiang kiri. 

Sementara penyerang Polandia lainnya tak memiliki insting mencetak gol. Mari kita simak bagaimana jalannya pertandingan? 

 

Highlights Perancis vs Polandia

Kami akan merangkum sekilas jalannya pertandingan kedua tim. Hanya momen terbaik yang kami cuplik, berikut informasi lengkapnya :

 

1. Live Pertandingan

Perancis vs Polandia disiarkan langsung di stadion Al-Thumama. 

 

2. Susunan Pemain Perancis vs Polandia

Perancis, Formasi : 4-2-3-1

Lloris, Kounde, Varane, Upamecano, T. Hernandez, Tchouameni, Rabiot, Dembele, Griezmann, Mbappe, dan Giroud. 

Polandia, Formasi : 3-4-2-1

Szczesny, Bereszynski, Glik, Kiwior, Cash, Szymanski, Krychowiak, Frankowski; Kaminski, Zielinski, dan Lewandowski. 

 

3. Kick off 

Kapten Hugo Lloris vs R. Lewandowski melakukan coin toss, dan bola langsung dikuasai oleh Les Blues. 

 

4. 5 menit berlangsung

Matty Cash bertukar posisi di sebelah kanan dan chip umpan silang yang ditembakkan mengarah ke gawang  Hugo Lloris. Bola berhasil menjauh. 

 

5. Menit ke-20′

Robert Lewandowski mendapat kesempatan untuk mencetak gol, ia  memenangkan bola dari jarak 25 m dan kemudian melepaskannya dengan kaki kirinya. Tendangan Lewandowski selalu melebar, tapi itu menjanjikan dan memberikan Perancis ancaman yang produktif.

 

6. Menit 24′

Polandia memasuki permainan yang selalu menyerang gawang Perancis. Przemyslaw Frankowski melakukan tembakan dari sudut tetapi diblock Varane. Mereka sudah mulai sedikit keluar dari cangkangnya dalam beberapa menit terakhir.

 

7. Menit 29′

Kali ini Perancis melakukan serangan balik, Ousmane Dembele menggeser bola rendah melintasi muka gawang dari kanan, tapi Olivier Giroud tidak bisa mengarahkannya tembakan ke gawang dari dalam kotak penalti. 

 

8. 38′ menit berlangsung

Serangan balik yang dilakukan Polandia membuahkan tembakan Piotr Zielinski yang melepaskan tembakan dari dekat titik penalti yang berhasil dibelokkan oleh Hugo Lloris! Perancis terguncang.

 

9. Menjelang penutupan babak pertama

Menit 43′, Kylian Mbappe memasukkan bola melewati pertahanan Polandia dan memberikan umpan silang ke titik kotak penalti. 

Giroud melakukan pergerakan cerdas dengan penyelesaian yang indah, memutar untuk menusuk bola dengan kaki kirinya. Wojciech Szczesny tidak berhasil menepis, dan hasil akhir yang luar biasa! ( 1-0 untuk Perancis ). 

 

10. Babak kedua berlangsung hingga menit 69′

Sebuah serangan langka dari Polandia membuat umpan silang Przemyslaw Frankowski menuju Jakub Kaminski, tetapi pemain Polandia itu dihalau oleh Raphael Varane. 

 

11. Menit 74′

Perancis berlari dari belakang, Olivier Giroud menemukan Mbappe yang kemudian menggerakkan bola melewati tangan kanan kiper ke atas gawang. Gol kedua berhasil dicetak oleh Mbappe. ( Skor 2-0 untuk Perancis ). 

 

12. Babak kedua segera berakhir

Menit 89’+ : GOOOAAAAALLLLLL!!! Kylian Mbappe mencetak gol spektakuler dengan tendangan akurat. Pemain luar biasa ini menggeser bola ke kaki kanannya dan menembak tinggi ke arah pojok Wojciech Szczęsny. Gol kedua dicetak oleh Mbappe dan membuat Perancis unggul lebih jauh dari Polandia.

Menit 97′ : GOL 1-3 untuk Robert Lewandowski yang gagap memanfaatkan tembakan penalti.

 

Rating Pemain Perancis vs Polandia

Kami juga akan merangkum rating pemain kedua tim dimana tak bisa dipungkiri, Mbappe yang menjadi Man of The Match.

 

Perancis :

 

Rating Tertinggi

  • Kylian Mbappe, 10/10 ( Man of The Match ) 

Mencetak dua gol dan satu assist di pertandingan melawan Polandia, ia juga berhasil mencatat rekor baru untuk dirinya sendiri. 

  • Oliver Giroud, 9/10

Meskipun kerap kali membuang kesempatan yang ia dapatkan, tetap saja Giroud menjadi gol pembuka bagi Les Bleus. 

 

Rating Terburuk

  • Dembele, 5/10

Dia mengantongi assist untuk gol Mbappe dengan memotong ke dalam dari sayap kanan dan mengumpan ace PSG ke ruang kosong. Tetapi kerap kali membuang kesempatan. 

 

Polandia

 

Rating Tertinggi

  • Wojciech Szczęsny, 7/10

Dia membuat lima penyelamatan tetapi akhirnya dikecewakan oleh bek Polandia yang tak sigap meladeni penyerang Perancis. 

  • Bartosz Bereszyński, 8/10

Gelandang Polandia melakukan upaya yang dapat membombardir pertahanan Perancis. Tembakannya berhasil ditepis oleh Lloris dari jarak dekat dan pergi ke pertahanan untuk menjatuhkan Dembele

  • Robert Lewandowski, 9/10

Meskipun mencetak gol di kotak penalti tetap saja ia banyak memberikan peluang untuk skuadnya.  Kami memberikan rating 9 untuk calon legenda Polandia.

  • Przemysław Frankowski, 7/10

Dia mendobrak sayap kiri dan mengirimkan umpan silang yang bagus ke tiang belakang untuk Kaminski, tetapi Hernandez menyapu bersih bola sehingga tak terjadi gol. 

 

 

Rating Terendah

  • Sebastián Szymanski, 5/10

Pemain berusia 23 tahun itu berjuang untuk mengatasi kecepatan dan passing Perancis di lini tengah. Tetapi yang kami sayangkan, Szymanski tidak berhasil memberikan peluang emas untuk Polandia. Bahkan pergerakannya tak terlihat sama sekali.