redaksiharian.com – Honda Automobile (Thailand) memamerkan mobil terbarunya yakni Honda SUV e:Prototype di ajang The 39th Thailand International Motor Expor 2022.

Jika dilihat sekilas, maka mobil ini memiliki bentuk seperti SUV Honda HR-V namun dengan mesin listrik .

Dengan bentuk yang hampir sama, Honda HR-V ini sudah menggunakan penggerak bertenaga listrik , menggantikan teknologi mesin konvensional.

“Hari ini kami juga menampilkan Honda SUV e:Prototype, yang merupakan model SUV Honda terbaru bertenaga listrik (EV).” kata Presiden dan CEO Honda Automobile, Noriyuki Takakura dalam keterangan resmi pada Minggu, 4 Desember 2022.

Dipamerkannya Honda SUV e:Protoype ( HR-V Listrik) ini menjadi yang pertama kali dilakukan di Asia Tenggara.

Nyaris sama dengan Honda HR-V , SUV e:Prototype tampil gagah dengan lampu depan berbentuk garis horizontal.

Meskipun bentuknya hampir sama, ada perbedaan signifikan mobil ini dengan Honda HR-V di mana desain dari grille nya sengaja dibuat tertutup, memberikan indikasi listrik sebagai penggerak utamanya.

Desain elegan juga terlihat dengan penggunaan warna putih yang dipadukan dengan nuansa hitam di sekuju bodi.

Sementara pada bagian interior mobil ini menawarkan ruang kabin yang luas dan nyaman. Untuk mendukung kenyamanan, mobil ini dilengkapi fitur Advanced Touch Screen dan TFT Multi-information Display serta fitur keselamatan terdepan yaitu Honda SENSING.

Sayangnya, belum diketahui spesifikasi mesin yang dibawa oleh Honda HR-V listrik ini.

Tapi di China, ada mobil sejenis ini dikeluarkan juga yakni Honda e:NS1 dan e:NP1 tersedia dalam dua tipe utama.

Ada satu mobil ymenggunakan motor listrik yang dipasang di depan dengan tenaga 182 PS (180 hp atau 134 kW) dan torsi 310 Nm yang ditenagai oleh Baterai lithium-ion terner 53,6 kWh) yang bisa melaju hingga jarak 420 kilometer sekali pengecasan.

Pilihan lainnya menggunakan motor listrik yang lebih bertenaga dengan tenaga 204 PS (201 hp atau 150 kW) dan jumlah torsi yang sama (310 Nm). Kapasitas baterai lebih tinggi pada 68,8 kWh, meningkatkan jangkauan hingga 510 km.

Belum diketahui secara pasti kapan mobil Honda SUV e:Prototype ini akan diluncurkan.

Tapi melihat mobil dipamerkan di Thailand, ada kemungkinan besar mobil ini bisa saja dibawa ke Indonesia di masa mendatang.***