Piala Dunia 2022 tak dapat diprediksi siapa pemenangnya. Mulai dari babak penyisihan grup banyak sekali kejutan yang membuat pecinta sepak bola terkesan. 

Kalahnya Argentina di partai pembuka ketika La Albiceleste menghadapi Arab Saudi 1-2 membuat pecinta sepak bola terkejut. 

Belum lagi peringkat dua dunia “Belgia” yang harus mengakui kehebatan Maroko dengan kekalahan 0-2 di babak penyisihan grup. 

Seolah-olah Qatar menjadi tempat yang angker bagi tim Eropa karena yang kami lihat, Qatar lebih mengunggulkan tim underdog alias tim kuda hitam untuk memenangkan pertandingan. 

Bahkan Jerman juga harus tersingkir dari Piala Dunia 2022 ketika mereka tak meraih keberuntungan di babak akhir penyisihan grup. 

Tiga tim underdog yang menjadi pusat perhatian dunia di piala dunia edisi 2022. Mereka berhasil memulangkan tim raksasa Eropa lebih awal. 

 

Berikut dibawah ini 3 Tim Kuda Hitam yang Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022 :

 

1. Maroko

maroko

 

Singa Atlas tergabung di grup F bersama Belgia, Kroasia, dan Kanada. Mereka berhasil menjadi juara Grup tanpa kekalahan. 

Maroko mengikuti jejak Nigeria yang menjadi tim Afrika yang berhasil memuncaki grup di Piala Dunia 2022. Pada tahun 1998 Nigeria juga melakukan hal yang sama dengan memuncaki grup kala itu.

Disepanjang penyisihan grup, Maroko berhasil menahan imbang Kroasia 0-0 di laga pembuka.  Melawan Belgia di laga kedua, Singa Atlas berhasil memecah kebuntuan dengan skor 2-0 dan gol dicetak oleh Abdelhamid Sabiri (73′) dan Zakaria Aboukhlal ( di menit 90+2′).

Tak hanya berhasil disitu saja, Maroko mengakhiri babak penyisihan grup F dengan membukukan kemenangan atas Kanada dengan skor 2-1 yang membuat nama mereka berada di puncak klasemen. 

” Kami tertinggal 20 tahun selama Piala Dunia berlangsung. Di Qatar, seperti rumah kami dan kami sangat suka melakukan setiap pertandingan dan menikmatinya, ” ujar Walid Regragui pelatih timnas Maroko. 

Bukan hanya faktor keberuntungan yang didapati Singa Atlas, tetapi melihat skuad Maroko di Piala Dunia 2022 cukup diacungi jempol. 

 

Skuad Timnas Maroko di Piala Dunia 2022 :

 

Kiper :

Ahmed Reda Tagnaouti (Wydad AC), Yassine Bounou (Sevilla), Munir Mohamedi (Al Wehda).

 

Bek :

Yahia Attiat Allal (Wydad), Badr Benoun (Qatar SC), Achraf Hakimi (PSG), Noussair Mazraoui (Bayern Munich), Roman Saiss (Besiktas), Nayef Aguerd (West Ham),  Jawad El Yamiq (Real Valladolid), Achraf Dari (Brest).

 

Gelandang Tengah :

Abdelhamid Sabiri (Sampdoria), Yahya Jabrane (Wydad), Bilel El (Genk), Sofyan Amrabat (Fiorentina), Selim Amallah (Standard Liege), Azzedine Ounahi (Angers).

 

Penyerang :

Ilaias Chair (QPR), Sofiane Boufal (Angers), Abderrazak Hamdallah (Al- Ittihad), Hakim Ziyech (Chelsea), Youssef En-Nesyri (Sevilla), Abde Ezzalzouli (Osasuna), Walid Cheddira ( SSC Bari), Amine Harit (OM). 

 

Pemain Bintang Maroko di Piala Dunia 2022 : Hakim Ziyech, Achraf Hakimi, dan Noussair Mazraoui. 

 

 

2. Korea Selatan

korea selatan

 

Berikutnya Korea Selatan juga masuk dalam tim kuda hitam yang berhasil lolos ke babak 16 besar. 

Korea tergabung dalam grup H bersama Portugal, Uruguay, dan Ghana. Meski tampil meragukan, Korea mendapat keberuntungan di sisa akhir babak grup. 

Taeguk Warriors berhasil menahan imbang Uruguay di partai pembuka Grup H dengan skor 0-0. Saat itu bintang mereka Son Heung-Min tak memberikan performa terbaiknya. 

Melawan Ghana di partai kedua, Korea Selatan kalah dengan skor tipis 2-3, saat itu kami melihat pertahanan Korea tidak terlalu baik dari posisi Cho Yu-Min. 

Kiper mereka Kim Seung-Gyu huga disebut sebagai ” Tangan Petir” karena refleks yang baik dengan kesigapan yang tepat. 

Di partai akhir, Korea Selatan berhasil mengalahkan Portugal sekaligus memperpanjang rentetan pertemuan menjadi 2 kali kemenangan dari tahun 2014 mereka bertemu.

Kemenangan 2-1 atas Portugal membuat Korea Selatan di posisi runner up grup H dan menyingkirkan Uruguay yang kalah Head to Head gol saat babak penyisihan grup. 

Jelas sekali bahwa Korea Selatan mendapat keberuntungan luar biasa di Qatar. Tetapi mereka juga memiliki skuad mumpuni. 

 

Berikut Skuad Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2022 :

 

Kiper :

Kim Seung-Gyu, Jo Hyeon-Woo, Song Bum-Keun. 

 

Bek :

Kim Min-Jae, Kim Young-Gwon, Kwon Kyung-Won, Cho Yu-Min, Kim Moon-Hwan, Yoon Jong-Gyu, Kim Tae-Hwan, Kim Jin-Su, Hong Chul. 

 

Gelandang : 

Jung Woo-Young, Son Jun-Ho, Paik Seung-Ho, Hwang In-Beom, Lee Jae-Sung, Kwon Chang-Hoon, Jeong Woo-Yeong, Lee Kang-In, Son Heung-Min, Hwang Hee-Chan, Na Sang-Ho, Song Min-Kyu.

 

Penyerang :

Hwang Ui-Jo, Cho Gue-Sung. 

 

Pemain Bintang Timnas  Korea Selatan di Piala Dunia 2022 : Kim Seung-Gyu, Son Heung Min, Hwang Hee-Chan. 

 

 

3. Jepang

jepang

 

Terakhir, Jepang menjadi tim kuda hitam yang berhasil lolos ke babak 16 besar.  Samurai Biru berhasil menjadi juara grup E dan menyingkirkan juara empat kali piala dunia Jerman. 

Di Partai pembuka anak asuhan H. Moriyasu berhasil menumbangkan Jerman dengan skor 2-1. Kemenangan itu menjadi sejarah baru bagi timnas Jepang atas Jerman, dan menjadi wakil asia kedua yang berhasil memulangkan Jerman di babak grup. 

Di partai kedua, Jepang harus mengakui keunggulan Kosta Rika dengan skor 0-1 dan dengan kekalahan itu tak mengubah posisi Jepang di puncak klasemen. 

Moriyasu mengubah strategi untuk bermain dengan pola balance dan memasukkan Ritsu Doan untuk menjadi pemain kunci. 

Formasi yang diubah Moriyasu berbuah manis, di partai terakhir grup H, Jepang berhasil menumbangkan Spanyol dengan skor 2-1, dan Ritsu Doan menjadi pencetak gol pembuka bagi Samurai Biru. 

Lolos ke babak 16 besar membuat Jepang mengulangi torehan apik saat bermain di Piala Dunia. Piala Dunia edisi 2002 silam, Tim Samurai Biru berhasil memuncaki Grup H yang berisikan Belgia, Rusia, dan Tunisia.

Qatar menjadi tempat kedua untuk mengukir sejarah kedua kalinya memuncaki klasemen grup. Di babak 16 besar Jepang menghadapi Kroasia yang berstatus runner up grup.

Kami memprediksi Jepang akan masuk ke putaran perempat final dan mengalahkan Modric cs dengan skor tipis. Apalagi melihat skuad Jepang yang berisi pemain elit dunia, berikut kami lampirkan juga :

 

Skuad Jepang di Piala Dunia 2022 :

 

Kiper :

Eiji Kawashima (Strasbourg), Daniel Schmidt (Sint Truiden), Shuichi Gonda (Shimizu S-Pulse). 

 

Bek :

Hiroki Sakai (Urawa Red Diamonds), Miki Yamane (Kawasaki Frontale), Ko Itakura (Borussia Monchengladbach), Takehiro Tomiyasu (Arsenal), Maya Yoshida (Schalke 04), Shogo Taniguchi (Kawasaki Frontale), Hiroki Ito (VfB Stuttgart), Yuto Nagatomo (FC Tokyo). 

 

Gelandang :

Junya Ito (Stade de Reims), Ritsu Doan (SC Freiburg), Wataru Endo (VfB Stuttgart), Hidemasa Morita (Sporting), Ao Tanaka (Fortuna Dusseldorf), Daichi Kamada (Eintracht Frankfurt), Takefusa Kubo (Real Sociedad), Takumi Minamino (AS Monaco), Kaoru Mitoma (Brighton & Hove Albion), Gaku Shibasaki (Leganes), Yuki Soma (Nagoya Grampus). 

 

Penyerang :

Takuma Asano (Vfl Bochum), Daizen Maeda (Celtic), Ayase Ueda (Cercle Brugge), Shuto Machino (Shonan Bellmare). 

 

Penutup

Piala Dunia 2022 menjadi momen berharga bagi tiga tim kuda hitam yang kami sebutkan. Mereka akan berkompetisi sebaik mungkin untuk mencetak sejarah baru di Qatar.