redaksiharian.com – Valve merilis update rekomendasi harga regional untuk game yang dijual di Steam. Akibat perubahan ini harga game Steam di beberapa negara menjadi jauh lebih mahal, termasuk Indonesia.

Beberapa rekomendasi harga baru yang dibagikan di Twitter oleh SteamDB, terlihat peningkatan harga yang cukup tinggi.

Berdasarkan sistem rekomendasi baru ini harga game Steam di Indonesia bisa naik hingga 80%.

Menurut tabel tersebut, harga lama untuk game yang harga aslinya Rp 249.999. Tapi menurut sistem rekomendasi baru, harganya naik jadi Rp 449.999.

Steam saat ini mendukung 39 mata uang berbeda. Tapi daripada developer pusing menentukan harga game-nya di masing-masing negara mengikuti kurs, Steam memberikan rekomendasi harga untuk semua mata uang agar memudahkan developer.

“Kami pikir ini adalah panduan yang bermanfaat, tapi dengan daya beli dan kurs mata uang asing yang terus berubah, kami harus membuat perubahan yang signifikan pada rekomendasi konversi harga agar tetap terkini,” kata Valve dalam pengumumannya, dikutip dari PCGamer, Jumat (28/10/2022).

Indonesia bukan yang tertinggi, masih ada Argentina yang rekomendasi kenaikan harganya mencapai 485%. Ini karena didorong oleh upaya Valve untuk mengurangi pertukaran wilayah-praktik penggunaan VPN untuk membeli game dengan harga murah.

Rekomendasi harga baru ini tidak mencerminkan kenaikan harga aktual di Steam, hanya dalam harga yang direkomendasikan Steam kepada pengembang.

Keputusan menaikan harga dikembalikan lagi kepada setiap pengembang. Meskipun demikian, itu bisa berdampak pada beberapa game. Beberapa dari mereka cenderung memanfaatkan rekomendasi Valve untuk mengambil keputusan.