Ghana vs Korea Selatan akan disiarkan langsung hari Senin, 28 November mulai pukul 20.00 WIB. Pertandingan ini menjadi partai kedua untuk mengunci siapakah tim yang akan pulang duluan di Grup H. 

 

Setelah match Ghana vs Korea Selatan juga Portugal akan bertemu Uruguay di hari yang sama. Keempat tim memperebutkan tempat pertama dan juara grup untuk memastikan diri lolos ke fase 16 besar. 

 

Ghana mengalami kekalahan tipis dari Portugal dengan skor 0-1, sementara Korea Selatan masih memiliki peluang karena berhasil menahan imbang Uruguay di partai pembuka Grup H. 

 

  1. Analisis Ghana vs Korea Selatan

 

Sejak 2002, Ghana pernah berhasil lolos ke fase 16 besar piala dunia. Mereka berhasil melaju ke partai perempat final di Piala Dunia 2010.  Korea Selatan sendiri belum pernah lolos ke babak 16 besar sejak Piala Dunia pertama mereka di tahun 2002. 

Oleh karena itu mereka berambisi untuk masuk ke fase 16 besar terlebih di pertandingan pembuka mereka berhasil menahan imbang raksasa Uruguay. 

Kami menganalisis pertandingan antara Ghana vs Korea Selatan akan berlangsung sengit terlebih Ghana ingin menempatkan posisi mereka setidaknya tidak menjadi juru kunci Grup H. 

Kekuatan mereka akan seimbang di babak pertama, apalagi Korea Selatan yang suka bermain bertahan. Mari kita simak berita terbaru kedua tim :

 

  1. Berita Tim 

 

Korea Selatan

Macan Asia harus bangga dengan strategi mereka melawan Uruguay. Namun, mereka perlu mencetak gol melawan Ghana dalam pertandingan hari ini dimana kedua belah pihak sangat ingin menang. 

Korea Selatan perlu melakukan tembakan ke gawang Zigi untuk membuat tim mereka meraih tiga poin dan mengamankan posisi. 

Terlebih kembalinya kebugaran Son Heung-min yang mengenakan masker pelindung melawan Uruguay setelah patah tulang rongga matanya baru-baru ini berhasil pulih 100 persen. 

Namun sesama penyerang Liga Premier Hwang Hee-Chan yang merupakan pemain pengganti Son malah mengalami  ketidaknyamanan hamstring dan tidak akan dapat tampil melawan Ghana. 

Bento juga mendapat perhatian dari bek tengah kunci Kim Min-jae yang telah berurusan dengan ketidaknyamanan betis dan juga diragukan untuk tampil melawan Ghana. 

Pemain penting Korea Selatan sepertinya terpaksa harus absen menghadapi Ghana apabila kondisinya tak terlalu fit, terlebih pelatih mereka Paulo Bento tak ingin mengambil resiko untuk kekalahan timnya. 

 

Ghana

Di laga pertama, Ghana harus puas dengan kekalahan tipis dari Portugal sekaligus membawa mereka diposisi juru kunci. 

Tetapi untungnya disini Ghana menjadi tim Afrika pertama yang mencetak gol di Piala Dunia FIFA 2022. Pelatih Otto Addo menyebut timnya sedang dalam tekanan. 

” Tekanannya pasti tinggi karena, jika kalah dari Korea Selatan, kemungkinan besar kami akan tersingkir mengikuti jejak Qatar, ” ujar pelatih berusia 47 tahun itu. 

Sementara jika berkaca pada Piala Dunia 2010, Black Stars berhasil mencapai perempat final piala dunia. Mereka terlihat dalam bentuk menyerang saat ini.

Terbaru dari mereka dimana Oddo merombak pola permainan dengan   menempatkan posisi Mohammed Salisu dalam posisi lini serang. 

Ia juga harus memanfaatkan kembalinya Bukari dan Kamaldeen Sulemana untuk kembali dalam pengaturan yang lebih menyerang tanpa ampun. 

Andre Ayew juga masih menjadi harapan Ghana untuk memulai memetik angka melawan Korea Selatan. 

Ayew berlatih secara terpisah dari tim bersama bek kanan Alidu Seidu pada hari Jumat, tetapi banyak kabar miring yang kami terima bahwa keduanya mengalami kondisi yang kurang fit untuk menghadapi Korea Selatan. 

 

 

  1. Head to Head

Ghana vs Korea Selatan akan bertemu untuk yang ke-10 kalinya pada 28 November hari ini. Sementara pertemuan head to head Ghana vs Korea Selatan dimenangkan oleh Ghana, kami lampirkan informasi lengkapnya dibawah ini :

  • 17 Agustus 1982 : Korea Selatan 0 vs Ghana 1
  • 15 Jun 1983 : Korea Selatan 1 vs Ghana 0
  • 25 Sep 1983 : Ghana 1 vs Korea Selatan 1-1
  • 10 Feb 1993 : Korea Selatan 3 v Ghana 1
  • 14 Jun 1997 : Korea Selatan 3 vs Ghana 0
  • 04 Jun 2006 : Ghana 3 vs Korea Selatan 1
  • 08 Oct 2006 : Korea Selatan 1 v Ghana 3
  • 07 Jun 2011 : Korea Selatan 2 vs Ghana 1
  • 09 Jun 2014 : Ghana 4 vs Korea Selatan 0

 

  1. Pemain Bintang Kedua Tim

 

Kubu Ghana

 

  1. Thomas Partey

Gelandang Arsenal Partey menunjukkan betapa pentingnya dirinya bagi Ghana dalam kekalahan dari Portugal. 

Mungkin tidak dikenal sebagai pencipta atau pemberi umpan cantik, tetapi dia memberikan dua peluang kepada rekan satu timnya dalam permainan itu. 

Ia mengatur lini tengah agar tampak berjalan dengan baik, keseimbangan juga ia mainkan dalam penguasaan bola timnas Ghana. 

 

  1. Andre Ayew

Pencetak gol saat melawan Portugal, Ayew selalu saja menemukan kesempatan dan celah kelemahan lawan.  Bisa dipastikan apabila Ayew diturunkan maka Korea Selatan perlu mewaspadai striker berusia 33 tahun. 

 

 

Kubu Korea Selatan

 

  1. Lee Kang In

Son Heung-min tentu saja adalah bintang lapangan untuk tim Korea Selatan. Dia pasti diharapkan untuk memimpin dari depan, tetapi dia tidak efektif melawan Uruguay untuk mengatur satu tembakan.

Lee Kang In munculdari bangku cadangan dan akhirnya mencatatkan dua umpan kunci, angka yang tidak bisa diraih oleh Son saat melawan Uruguay kemarin. 

Tidak ada yang pasti untuk penyerang Korea Selatan tetapi jika pelatih memberinya ruang bersama Son Heung-min tentu saja mereka dapat mengancam gawang Ghana. 

 

  1. Kim Min Jae

Bek muda berusia 26 tahun bermain di klub Napoli sekaligus menjadi pertahanan yang sulit dibobol di lini belakang Korea Selatan. Ayew harus mencari cara untuk melewati tembok raksasa Min Jae yang memiliki duel fisik dengan persentase 92%.

Kami menyebutkan bahwa pertandingan hari ini, Min Jae akan menjadi pemain bintang sekaligus pemain kunci untuk Korea Selatan. 

 

  1. Prediksi Skor Ghana vs Korea Selatan

 

Ini akan menjadi pertandingan yang menarik untuk ditonton karena kedua tim akan memberikan yang terbaik untuk menyerang dan melakukan serangan balik.

Ghana tak ingin mengambil resiko, kami memprediksi mereka akan tampil menyerang. Ayew akan bermain di posisi sayap sekaligus striker target man untuk memetik angka. 

Sementara apabila Son memang telah pulih total, seharusnya Korea Selatan dapat memetik angka melalui sepakan dari Son Heung-min. 

Tetapi kami melihat pertandingan hari ini sulit untuk menentukan pemenang, terlebih kedua tim memiliki kekuatan yang sama. 

Meskipun Ghana diunggulkan di partai krusial nanti malam, tetap saja bandar disana mengunggulkan Ghana untuk keluar sebagai pemenang. 

Jadi untuk prediksi skor Ghana vs Korea Selatan dimenangkan oleh Ghana dengan skor 3-0 apabila mereka bermain kompetitif. 

 

  1. Penutup

 

Ghana vs Korea selatan menjadi partai yang sangat ditunggu oleh penggemar mereka. Seluruh penjelasan dari kami, rasanya cukup untuk memberikan informasi mengenai kedua tim.