Prancis vs Australia Berakhir dengan Kemenangan Luar Biasa Bagi Le Bleus

Hasil pertandingan di laga pertama Timnas Prancis vs Timnas Australia di Piala Dunia 2022 telah diketahui pada Rabu (23/11/2022) dini hari WIB di Al Janoub Stadium.

Setelah berakhir 2-1 di babak pertama, Prancis kembali menggila di babak kedua. Tim berjuluk Les Bleus itu berhasil menambah dua gol dan unggul dengan skor 4-1 atas Australia hingga babak kedua usai. Adapun gol Prancis di lesatkan oleh Adrien Rabiot pada menit ke-27 dan brace Olivier Giroud (32’ dan 71’).

 

JALANNYA PERTANDINGAN:

Pada babak pertama :

Prancis vs Australia berjalan sangat seru banyak moment dan peluang yang tercipta dalam pertandingan kali ini.

Sebagai tim berstatus Juara Bertahan Timnas Prancis sejak awal pertandingan langsung menyerang dan menguasai jalannya pertandingan namun les bleus harus tertinggal lebih dulu pada menit 9 oleh gol yang dicetak oleh C. Goodwin yang meneruskan umpan dari M. Leckie, Timnas Australia unggul 1-0 Atas Timnas Prancis.

Tertinggal terlebih dahulu Timnas Prancis langsung mencoba meningkatkan intesitas seranan dan benar saja Timnas Prancis mampu menyamakan kedudukan pada menit ke 27′ yang dicetak oleh Adrien Rabiot, 5 menit kemudian atau dimenit 33′ Timnas Prancis berhasil menambah skor yang di cetak oleh Oliver Giroud yang mendapatkan assist dari Adrien Rabiot yang menjadikan skor 2-1 untuk Timnas Prancis atas Timnas Australia.

Timnas Prancis kemudian hampir menambah gol pada menit ke 42′ setelah tembakan keras Antoine Griezman yang masih menyamping di samping kanan tiang gawang timnas australia, 2 menit kemudian timnas prancis kembali hampir saja menambah gol setelah umpan cantik Antoine Griezman gagal dimanfaatkan oleh tendangan keras Kylian Mbappe menjadi gol yang masih meluncur tipis di atas tiang gawang Timnas Australia.

Sayangnya pada pertandingan berakhir tidak ada gol tambahan yang di ciptakan oleh kedua tim. Prancis unggul 2-1 atas lawannya Australia di babak pertama Piala Dunia Grup D.

 

Pada Babak Kedua :

Timnas Prancis tidak mengendurkan tekanan mereka, memasuki menit 50, Olivier Giroud kembali melakukan percobaan mencetak gol lewat tembakan akrobatik.

Namun sayang tembakannya masih melebar. Padahal akan menjadi gol yang sangat cantik jika bola berhasil mendarat masuk ke gawang.

Dan pada menit ke 63′ lagi lagi umpan cantik Antoine Griezman kepada Ibrahim konate gagal di manfaatkan dengan baik 

Lalu semenit berselang kini giliran Kylian Mbappe yang mencoba peruntungannya dengan melakukan tendangan ke arah gawang Timnas Australia. namun bola masih bisa di halau oleh pemain Timnas Australia di depang gawang.

Dan upaya Antoine Griezman dan kolega untuk menambah gol akhirnya tercapai setelah Kylian mbappe sukses menghantarkan bola dengan kepalanya ke jaring gawang australia setelah meneruskan umpan Ousmane Dembele, Le Bleus pun unggul sementara dengan skor 3-1.

3 menit berselang tepatnya pada menit ke 71′ Kylian Mbappe kembali menujukkan kegilaannya. Bintang Paris Saint Germain (PSG) itu melepaskan umpan silang akurat kepada Olivier Giroud, bola pun ditanduk ke dalam gawang, Prancis pun menambah pundi gol menjadi 4-1.

Setelah gol ke 4 Timnas Prancis ke gawang Timnas Australia, Mbappe dan kawan kawan terus mengencarkan serangan dari segala sisi terbukti pada menit ke 83′ Timnas Prancis hampir saja menambah ke unggulan usai tendangan yang di lesahkan Antoine Griezman ke sisi kanan gawang australia tidak di halau oleh pemain belakang timnas australia.

Timnas Prancis terus menekan hingga menit akhir pertandingan. Memasuki menit injury time, Les Bleus mengancam melalui tandukan Ibrahima Konate dan Theo Hernandez, namun skor 4-1 tidak berubah hingga laga berakhir.

Namun pertandingan ini menjadi sangat mahal usai pemain belakang timnas Prancis harus mengalami cedera ACL yaitu Lucas Hernandez setelah mendapat tackle yang sangat keras dari pemain belakang timnas Australia. Dengan insiden ini, perjalanan Lucas Hernandez di Piala Dunia 2022 ini harus terhenti.

 

REKOR BARU TERCIPTA:

Prancis vs Australia menciptakan rekor baru tersendiri bagi tim asuhan Didier Deschamps.

Kemenangan ini pula menjadi hal yang istimewa karena rekor baru tercipta dalam sejarah Piala Dunia. Opta mencatat Prancis jadi juara bertahan pertama yang sukses meraih kemenangan debut di Piala Dunia sejak Brasil melakukannya pada 2006.

Timnas Prancis punya memori buruk di Piala Dunia 2002. Berstatus sebagai juara bertahan, Tim Ayam Jago malah keok 0-1 dari Timnas Senegal lewat gol tunggal Bouba Diop.

Kutukan juara bertahan kalah di laga perdana juga terjadi pada Timnas Italia di Piala Dunia 2010, Timnas Spanyol pada 2014, dan Timnas Jerman di 2018.

Selain itu, Timnas Prancis juga tercatat sebagai tim juara bertahan yang mampu memetik kemenangan dengan skor besar, yakni menang 4-1 atas Australia di laga perdana. Di edisi 2006, Brasil hanya mampu menang 1-0 atas Kroasia.

Rekor ini bisa jadi modal bagi Timnas Prancis untuk memenangkan Piala Dunia berturut-turut. Prestasi ini hanya pernah dicapai Italia dan Brasil.

BERIKUT ADALAH SUSUNAN LINE UP DARI TIMNAS PRANCIS VS TIMNAS AUSTRALIA:

Prancis vs Australia menampilkan formasi yang sama tapi perbedaan kualitas pemain membuat pertandingan kali ini cukup seru.

Prancis XI (4-3-3): Hugo Lloris (Tottenham Hotspur) Benjamin Pavard (Bayern Munchen), Dayot Upamecano (Bayern Munchen), Lucas Hernandez (Bayern Munchen) (Theo Hernandez 13’ (Ac Milan), Ibrahima Konate (Liverpool), Antoinne Griezmann (Atletico Madrid), Aurelien Tchouameni (Real Madrid), Adrien Rabiot (Juventus), Olivier Giroud (Ac Milan) Kyllian Mbappe (Paris Saint German), Ousmane Dembele (FC Barcelona)

Pelatih: Didier Deschamps

 

Australia XI (4-3-3): Matt Ryan (Real Sociedad), Nate Atkinson (Heart Of Midlothian), Kye Rowles (Heart Of Midlothian), Aziz Behich (Dundee United), Harry Souttar (Stoke City), Aaron Mooy (Celtic), Riley McGree (Middlesbrough F.C.), Jackson Irvine (FC ST Pauli), Matthew Leckie (FC Ingolstadt 04). Mitch Duke (Fagiano Okayama), Craig Goodwin (Adelaide United FC)

Pelatih: Graham Arnold

 

RATING PEMAIN TIMNAS PRANCIS VS AUSTRALIA (4-2-3-1)

 Kiper & Bek

  1. Hugo Lloris: Rating 6/10
  2. Benjamin Pavard: Rating 6.5/10
  3. Ibrahim Konate: Rating 7/10
  4. Dayot Upamecano: Rating 7.5/10
  5. Lucas Hernandez: di tarik keluar menit 13′ Karena Cedera ACL

 Gelandang:

  1. Aurelien Tchouameni: Rating 7,5/10
  2. Adrien Rabiot: Rating 8,5/10
  3. Ousmane Dembele: Rating 8/10
  4. Antoine Griezmann: Rating 8/10
  5. Kylian Mbappe: Rating 8/10

Penyerang:

  1. Olivier Giroud: Rating 8/10

 

Pemain Peganti:

Theo Hernandez (masuk menit 13) 7/10: Gantikan posisi Lucas Hernandez secara baik.

Youssouf Fofana (masuk menit 77)

Kingsley Coman (masuk menit 77)

Jules Kounde (masuk menit 89)

Marcus Thuram (masuk menit 89)

 

RATING PEMAIN TIMNAS AUSTRALIA vs TIMNAS PRANCIS (4-3-3)

Kiper & Bek:

  1. Mathew Ryan: Rating 6/10
  2. Aziz Behich: Rating 6/10
  3. Kye Rowles: Rating 6/10
  4. Harry Souttar: Rating 6/10
  5. Nathaniel Atkinson: Rating 5,5/10

 Gelandang:

  1. Jackson Irvinev: Rating 6/10
  2. Aaron Mooy: Rating 6/10
  3. Riley McGree: Rating 6/10

 Penyerang:

  1. Craig Goodwin: Rating 7/10
  2. Awer Mabil (masuk menit 73): Rating 6/10
  3. Jason Cummings (masuk menit 55): Rating 6/10
  4. Garang Kuol (masuk menit 73): Rating 6/10
  5. Keanu Baccus (masuk menit 85).
  6. Milos Degenek (masuk menit 85).