redaksiharian.com – Melihat kulit Si Kecil beruntusan membuat para orang tua cemas. Khawatir boleh, tapi jangan terlampau panik karena beruntusan pada bayi baru lahir umum terjadi. Lalu, beruntusan bayi baru lahir ini biasanya akan hilang dengan sendirinya.

Menurut Angela Palmer, seorang ahli kecantikan berlisensi yang mengkhususkan diri dalam perawatan jerawat, mengatakan beruntusan bayi baru lahir, juga disebut sebagai jerawat neonatal, adalah suatu kondisi yang muncul dalam enam minggu pertama kehidupan bayi.

“Penyebab pasti dari jerawat neonatus (beruntusan) tidak pasti, tetapi diperkirakan berkembang karena hormon atau reaksi terhadap ragi yang hidup di kulit,” tulisnya, dikutip dari Very Well Family.

Beda beruntusan pada newborn dengan bayi di atas 6 minggu

Palmer mengatakan, penting untuk dicatat bahwa ada perbedaan antara beruntusan pada bayi baru lahir dan beruntusan pada bayi yang berusia lebih tua. Beruntusan atau jerawat infantil muncul pada bayi setelah usia enam minggu. Ini hampir tidak umum seperti beruntusan bayi yang baru lahir, tetapi lebih persisten, biasanya berlangsung enam bulan hingga satu tahun atau lebih.

Jika bayi mengalami beruntusan, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter kulit anak untuk memastikan bahwa beruntusannya tidak disebabkan oleh kondisi yang mendasarinya atau produk kulit tertentu. Tapi seperti halnya beruntusan bayi yang baru lahir, jerawat infantil biasanya tidak berbahaya dan akhirnya hilang dengan sendirinya.

Penyebab beruntusan

Seperti halnya jerawat remaja, hormon diyakini sebagai penyebab utama beruntusan pada bayi. Dalam kasus bayi baru lahir, bagaimanapun, bukan hormon mereka sendiri yang mungkin memicu masalah jerawat, tetapi ibu — yang masih beredar di aliran darah bayi sebagai sisa dari kehamilan.

Hormon-hormon ibu ini merangsang kelenjar penghasil minyak bayi yang lamban, menyebabkan jerawat muncul di dagu, dahi, kelopak mata dan pipi, dan, kadang-kadang, kepala, leher, punggung dan dada bagian atas.

Terlebih lagi, pori-pori pada kulit bayi belum sepenuhnya berkembang sehingga menjadi sasaran empuk bagi penyusupan kotoran dan berkembangnya noda. Di samping itu, bayi biasanya memiliki kulit yang sangat sensitif yang juga bisa menjadi faktor.

Apa saja jenisnya? Baca di halaman berikutnya ya, Bunda.

    Kata Dokter soal Risiko Anak Membawa Tas Berat ke Sekolah, Perhatikan Ini Bun

    Menkes Rilis Penyebab Gagal Ginjal Akut Anak, Ini Makanan yang Harus Dihindari

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Tanda merah atau bintik-bintik pada bayi bikin khawatir? Simak ulsannya dalam video di bawah ini: