redaksiharian.com – Di tengah-tengah banyaknya aktivitas yang dilakukan setiap hari, menjaga hidup sehat tetap harus diupayakan. Sebab, dengan tubuh yang sehat maka kemampuan fungsional, kesehatan sosial, mental, fisik, terutama kulit tetap bisa terjaga seiring bertambahnya usia.

Apalagi, seiring bertambahnya usia, aging gracefully atau menerima kondisi tubuh menjadi kondisi dambaan untuk para wanita, termasuk para bunda. Nah, salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga hal tersebut, bisa loh hanya dengan mengkonsumsi air mineral setiap harinya. Khususnya air mineral yang mengandung mineral esensial.

Seperti diketahui, 70% tubuh terdiri dari zat cair, karenanya pemenuhan kebutuhan air untuk minum sangatlah penting. Bukan hanya untuk tubuh tetapi juga untuk mencegah penuaan dini pada kulit.

Hal ini dijelaskan oleh dr Liza Deviyanti Hadiwijaya, MM, M.Farm dalam acara IndAAC DKI Jakarta bertajuk ‘Embracing Aging and Beauty in New Era Covid-19’.

Dalam presentasinya yang berjudul ‘Mineral Esensial for Healthy Skin’, dr. Liza menjelaskan bagaimana penuaan dini ini bisa dicegah dengan konsumsi harian air mineral yang mengandung mineral esensial berkualitas.

“Yang dimaksud dengan penuaan kulit atau skin aging itu adalah merupakan suatu mekanisme, baik melalui jalur independen atau karena kerusakan DNA, yang bisa menyebabkan perubahan epigenetik. Perubahan ini terjadinya di fibroblas, proses penuaan akan menurunkan kemampuannya produksi makro molekul, yang akan menurunkan kemampuannya pada dermis kulit,” jelas dokter Liza dalam keterangan tertulis, Selasa (25/10/2022).

Dokter Liza mengatakan penuaan merupakan suatu proses penurunan fungsi fisiologis yang tidak dapat dihindari. Cepat atau lambat akan menyebabkan perubahan kulit. Namun, hal ini tergantung dari beberapa faktor, di antaranya adalah faktor intrinsik dan ekstrinsik.

Menurut Dokter Liza, cara yang paling mudah untuk mencegah penuaan kulit adalah dengan rutin mengkonsumsi air mineral. Sebab, mengkonsumsi air mineral secara rutin tentunya bisa memenuhi cairan tubuh agar kulit terhidrasi dan membuat kulit menjadi lebih lembab.

Ini menjadi hal yang harus bunda perhatikan ya. Sebab, ada sebuah studi di Indonesia menemukan bahwa alasan orang kurang minum air mineral adalah karena malas, lupa, rasa air mineral yang dinilai hambar.

Karena itu, dokter Liza menyarankan memilih air mineral dengan kandungan mineral esensial yang seimbang untuk tubuh termasuk kulit. Bukan tanpa alasan, kandungan mineral Esensial memberikan rasa segar, sehingga membuat bunda ingin minum lebih banyak lho.

Pengaruh Air Mineral pada Kulit

Lebih lanjut, dokter Liza menjelaskan manfaat air mineral untuk kesehatan kulit. Di antaranya bukan hanya untuk menjaga kelembapan kulit, tetapi juga mencegah penuaan kulit secara dini, mencegah kulit kering dan bersisik serta berkerut.

“Tanda kurangnya konsumsi pada kulit mengakibatkan kulit keriput, tidak segar, tidak berkilau, dan garis halus lebih kentara, yang efeknya kolagen pecah, leher ada rasa nyeri, akan berakibat pada penuaan dini,” tuturnya.

“Mineral esensial berperan dalam menjaga kelembapan kulit secara optimal, memberikan nutrisi penting untuk sel-sel kulit, melengkapi kebutuhan jaringan kulit, meningkatkan elastisitas dan warna kulit membantu penundaan munculnya tanda-tanda penuaan,” imbuhnya.

Terkait hal ini dokter Liza juga menekankan pentingnya memilih air mineral yang berkualitas dalam melengkapi kebutuhan kita sehari-hari.

“Air mineral yang berkualitas merupakan air mineral yang mengandung mineral alami yang diambil dari mata air pegunungan terpilih dan diproteksi secara khusus. Pilih air minum yang mengandung mineral esensial karena dengan kandungan mineral esensial bagus untuk kesehatan kulit. pilih kemasan yang bersih,” kata dokter Liza.

Salah satu air mineral yang mengandung mineral esensial adalah Le Minerale. Diproduksi menggunakan teknologi mineral protection system, maka kandungan mineral alami yang baik untuk dikonsumsi tubuh dapat terlindungi.

Berbeda dengan air mineral lainnya, Le Minerale diambil dari mata air Gunung Bromo, sumber air pegunungan yang kaya akan mineral alami untuk keperluan tubuh setiap hari. Diproses secara higienis dengan teknologi modern dan pengawasan yang ketat, maka Le Minerale aman, sehat, dan segar dikonsumsi sehari-hari.

Nah, bunda jangan lupakan untuk selalu penuhi cairan tubuh dengan Le Minerale ya.