redaksiharian.com – Keluarga Gibran Di Loji Gandrung. Rumah Dinas Wali Kota Surakarta/ Foto: Rio Motret

Dream – Wali kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, baru saja membuat foto keluarga di Loji Gandrung, yang merupakan rumah dinasnya. Bangunan ini, dikutip dari kemdikbud.go.id, bergaya neo-klasik Eropa, tentunya dengan nuansa Jawa yang kental.

Rio Motret, lewat YouTube Channelnya, memperlihatkan beberapa area di Loji Gandrung yang sangat otentik. Mulai dari area teras, tempat Gibran berfoto hingga kamar tidur yang pernah jadi ditinggali, mendiang Presiden Soekarno.

Bagian depan area ini terdapat kolam hias dengan patung besar. Patung tersebut merupakan sosok Jendral Gatot Soebroto yang pernah menggunakan Loji Gandrung tempat untuk mengatur strategi saat Agresi Militer Tentara Belanda pada 1948-1949.

© Youtube Rio Motret

Sumber: Youtube Rio Motret

Memasuki area depan terdapat teras dengan pilar klasik dan aksen lengkungan. Area ini dipilih Gibran untuk foto keluarganya karena memang tampak begitu megah.

© Rio Motret

Sumber: Youtube Rio Motret

Kamar Tidur Soekarno

Saat masuk ke area dalam Loji Gandrung, terdapat ruang tamu dengan bangunan dan penataan yang masih dipertahankan. Lampu gantung juga berdesain klasik.

© Rio Motret

Sumber: Youtube Rio Motret

Di area ini juga terdapat kamar tidur yang bersejarah. Kamar ini merupakan tempat beristirahat mendiang Presiden Soekarno saat berada di Solo.

© Youtube Rio Motret

Sumber: Youtube Rio Motret

Pendopo

Di rumah dinas Wali Kota Solo ini juga dibangun pendopo yang kerap digunakan untuk menggelar berbagai acara, termasuk pertunjukan musik. Pendopo ini baru saja dibangun dan dilengkap berbagai alat musik tradisional Jawa.

© Rio Motret

Sumber: Youtube Rio Motret

Di Loji Gandrung, beberapa bangunan asli dipertahankan. Seperti jendela kaca patri yang begitu estetik nan klasik.

© Rio Motret

Sumber: Youtube Rio Motret

Hingga kini jendela tersebut masih seperti aslinya, termasuk juga jam klasik ada di ruangan. Sudut ruangan ini begitu cantik, bukan?

Sumber: Youtube Rio Motret

Murah dan Mudah, Cara Praktis Harumkan Rumah Pakai Pandan

Dream – Aroma rumah yang segar dan wangi pastinya bikin betah. Banyak cara untuk membuat rumah memiliki aroma menenangkan dan wangi. Salah satunya dengan memanfaatkan bahan alami yang harganya terjangkau.

Seperti yang dilakukan pemilik akun Instagram @dhouse_dzds. Ia memanfaatkan daun pandan yang ditanamnya sendiri di rumah. Untuk membuatnya, juga sangat mudah. Lewat video yang diunggah di Instagram, ia memperlihatkan proses membuatnya.

Langkah pertama, siapkan dulu daun pandan yang sudah dibersihkan, wadah berdesain cantik dan gunting. Pastikan gunting cukup tajam untuk memotong pandan.

© Instagram @dhouse_dzds

Langsung saja gunting di atas wadah agar lebih praktis. Siapkan juga wadah yang estetik. Bisa dari rotan atau kayu.

Tempatkan di Beberapa Sudut

Dengan digunting, aroma dari daun pandan yang khas akan menyeruak. Cara ini sangat mudah, bukan?

Rumah pun jadi beraroma sangat segar dengan biaya murah dan mudah tentunya. Untuk lebih detail, lihat video cara membuatnya.