redaksiharian.com

    45SHARES

TikTok @yayaharyo

Dream – Memiliki anak lelaki dengan jarak usia yang tak jauh, kesabaran memang harus sebesar gunung. Pasalnya, hal kecil bisa jadi besar, jadi pertengkaran yang berujung saling pukul atau kontak fisik.

Menghadapi kakak adik yang kerap bertengkar memang kadang memicu emosi orangtua. Untuk bisa bersikap adil dan menenangkan buah hati yang sedang berkonflik pastinya tak mudah.

Seringkali yang terjadi malah ayah atau ibu ikut emosi. Meminta anak segera diam, membentak atau berhenti menangis.

Sebenarnya ada cara yang lebih tepat, yaitu mendampingi anak saat emosinya sedang tak terkendali. Dalam kondisi tersebut, anak belum memiliki kemampuan untuk mengontrolnya.

Seperti yang dilakukan pemilik akun TikTok @yayaharyo pada anak lelaki. Saat itu putranya bertengkar dan sang kakak menangis hebat.

© TikTok @yayaharyo

Ia lalu membawa putranya ke ruangan yang berbeda dan menutupnya. Tak ditinggalkan sendirian, justru ditemani. Ia membiarkan sang anak mengeluarkan emosinya hingga mereda.

Tunggu Hingga Bisa Diajak Bicara

© TikTok @yayaharyo

Setelah putranya selesai menangis dan emosinya mereda, ia berbicara dengan putranya. Menanyakan kesalahan yang dilakukannya. Putranya menjelaskan yang terjadi dan kemudian menyadari kesalahannya.

Minta Maaf

© TikTok @yayaharyo

Sang anak kemudian secara perlahan dibimbing soal konsep kesalahan dan meminta maaf. Setelah itu, sang kakak kemudian maaf pada adiknya.

© TikTok @yayaharyo

Video yang diunggah tersebut membuat banyak warganet terbawa perasaan atau baper. Sebagian besar ikut haru salut dengan sang ibu yang begitu sabar menghadapi putranya tanpa marah, dan jadi pelajaran banyak orang.

” Sejujurnya saya menangis melihat vt mbak.. keren ibu dan kakak,” tulis salah satu akun.

” Kok aku mewek jadi nyaa,,, karna aku juga kadang gitu suka nahan emosi buat nenangin anak nangis, tapi kadang ada saat nya aku gak bisa redam emosi,” komentar lainnya.

” Jadi kepikiran gimana nanti kalo gua udah berada di posisi sebagai orang tua,” ungkap warganet.

Lihat Video Viralnya