redaksiharian.com

    7SHARES

Bersihkan Talenan Kayu/ Foto: Shutterstock

Dream – Menjaga kebersihan peralatan dapur bukan hanya penting untuk menghindari kita dari bakteri, juga untuk ketahanan peralatan itu sendiri. Berbeda dengan material perkakas dapur lain, untuk yang terbuat dari kayu memang butuh perawat khusus.

Peralatan dapur berbahan dasar kayu perlu dibersihkan secara menyeluruh, ini karena kayu merupakan bahan berpori yang rentan terhadap akumulasi bakteri, jamur, dan lemak. Dilansir dari Decortips.com, berikut beberapa cara mendisinfeksi peralatan dapur berbahan dasar kayu.

Air Sabun PanasAir panas merupakan cara yang ampuh untuk mendisinfeksi peralatan kayu. Caranya, rendam peralatan ke dalam air dan tambahkan sabun cair dalam jumlah banyak ke dalam air. Kemudian oleskan langsung sabun cair ke peralatan setelah direndam beberapa waktu, untuk membantu menghilangkan sisa makanan dengan cepat. Terakhir, keringkan dengan handuk agar peralatan tidak lembap.

Gunakan LemonLemon merupakan bahan yang digunakan untuk mendisinfeksi peralatan dapur, sekaligus menghilangkan lemak dan bau tak sedap. Gunakan irisan lemon ke seluruh permukaan kayu setelah kamu membuang semua sisa makanan. Setelah didiamkan selama beberapa menit, bilas peralatan dapur menggunakan air dan sabun. Lakukan cara ini beberapa kali untuk hasil yang maksimal.

Natrium Bikarbonat

Natrium bikarbonat direkomendasikan untuk peralatan kayu dengan noda dan akumulasi makanan. Taburkan natrium bikarbonat yang dicampurkan dengan lemon ke permukaan peralatan kayu. Diamkan selama beberapa menit kemudian gosokkan untuk menghilangkan noda dan lemak. Cara ini ampuh untuk menghilangkan sisa makanan dan menghilangkan kuman. Satu hal yang harus diingat Sahabat Dream, jangan menggunakan bikarbonat terlalu sering, karena dapat merusak kayu.

© Shutterstock

Gunakan CukaCuka dapat membantu memperbarui permukaan kayu dan menghilangkan bau tidak sedap pada peralatan. Langkah pertama adalah dengan merendam peralatan kayu ke dalam air panas dan cuka dengan perbandingan yang sama, diamkan sekitar 20 menit. Kemudian, cuci dengan air bersih serta sabun dan keringkan menggunakan handuk.

Hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida bermanfaat untuk mencerahkan permukaan dan untuk menghindari infeksi. Dalam wadah besar, campur hidrogen peroksida dengan air dan rendam peralatan kayu. Sahabat Dream bisa merendamnya hingga 12 jam, kemudian cuci dengan air serta sabun dan keringkan menggunakan kain.

© Shutterstock

Cara Merawat Peralatan Kayu Agar Tetap AwetSelain mendisinfeksi, peralatan kayu juga harus dibersihkan dan dirawat secara rutin. Sahabat Dream juga dapat menggunakan minyak kelapa untuk membuat kilau dan mencegah peningkatan porositas kayu, dengan cara mengoleskan sedikit minyak ke seluruh permukaan peralatan kayu, biarkan selama sepuluh menit, lalu bilas dengan banyak air.

Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita

Singkirkan Lalat Buah Menggangu yang Kerap Muncul di Dapur

Dream – Serangga kerap muncul di dapur dan meja makan. Keberadaannya tentu sangat menganggu dan membuat tak nyaman. Salah satu yang tiba-tiba datang saat kita memotong buah dan membiarkannya terbuka adalah lalat buah.’

Lalat buah dapat bertelur hingga 500 telur sekaligus di dekat permukaan makanan fermentasi atau bahan organik lainnya, seperti tanah di tanaman hias. Lalat juga dapat bertelur di saluran pembuangan, tempat pembuangan sampah, botol, kaleng kosong, kantong sampah, pel, dan spons basah.

© MEN

Tidak hanya mengganggu, lalat buah juga dapat membawa bakteri Salmonella dan E.coli. Namun kita tetap mencegahnya memenuhi dapur dan meja makan. Bagaimana caranya?

1. Hilangkan tempat berkembangbiakLalat berkembang biak di lingkungan yang lembap. Termasuk area wastafel, pakaian basah atau kain lap, dan tanaman pot. Untuk itu, bersihkan area tersebuts secara rutin dan hindari tumpukan barang yang lembap. Tutup buah yang sudah terbuka, atau segera masukkan kulkas.

2. Tutup rapat jndela dan pintuJaga agar jendela dan pintu tertutup rapat. Jika ingin membuka jendela untuk merasakan angin sepoi-sepoi, pastikan ada jaring untuk mencegah lalat masuk.

3. Simpan dan bersihkan makananJangan biarkan buah atau sayuran matang seperti pisang, bawang, tomat, dan kentang dalam kondisi terbuka, simpan di lemari es! Lalat menyukai buah dan minuman manis lainnya, jadi berhati-hatilah.

4. Siapkan perangkap lalatPerangkap lalat merupakan alat kontrol penting yang berfungsi menghilangkan lalat saat muncul. Meskipun insektisida aerosol berbasis piretrum dapat digunakan untuk membunuh lalat dewasa, namun insektisida tidak mampu mengatasi telur atau larva yang bersembunyi.

Perangkap lalat yang dibeli di toko akan mencegah lalat berkembang biak. Perangkap lalat buah sekali pakai ini, yang bisa diberi umpan tidak beracun. Selamat mencoba!

Laporan Angela Irena Mihardja/ Sumber: RealSimple

Buat kamu yang berjualan makanan atau suka memesan makanan secara online, bisa tengok ManisdanSedap.com. Selain membantu penggemar kuliner menemukan dan memesan beragam menu favorit, platform ini juga membantu para pemilik UMKM untuk menampilkan jualan mereka sebagai ‘etalase’.

Lengkap dengan tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller, pembeli dapat berinteraksi dengan Seller dan melakukan transaksi terpisah dari platform. Yuk, bikin usaha kuliner rumahanmu makin dikenal dengan ikutan gabung ke ManisdanSedap.com!

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!