redaksiharian.com

    6SHARES

Oma Dan Opa Bagio/ Foto: Instagram @opaomabagio

Dream – Menjalani hubungan pernikahan hingga usia senja bukanlah hal mudah. Pastinya banyak cobaan dan masalah yang harus dihadapi.

Ada pernikahan yang kandas di tengah jalan, tapi ada juga bertahan hingga usia memasuki 80-an. Seperti pengalaman Opa dan Oma Bagio.

Opa sudah berusia 87, sementara Oma 83 tahun. Pasangan ini sangat mencuri perhatian di akun Instagram @opaomabagio,. Mereka kerap membagikan momen manisnya mengenakan outfit yang kompak.

Opa yang mengalami dementia juga tampak begitu bahagia selalu berada di dekat Oma. Melihat keduanya sehat dan makin lengket di usia senja, membuat hati hangat. Bisa jadi inspirasi banyak pasangan dalam mempertahankan pernikahan.

Dalam salah satu unggahan, Oma dan Opa membagi trik langgeng pernikahan mereka. Ditulis oleh sang cucu yang, penasaran rahasianya?

” Kata Opa Oma resep bertahan itu toleransi dan saling melengkapi, buat ada yang rasa ragu, kunci utama adalah komunikasi, semoga pesan ini bisa membantu ya,” tulis sang cucu.

Intip Kekompakan Opa dan Oma Bagio

© Instagram @opaomabagio

Foto: Instagram @opaomabagio

Pasangan yang tinggal di Surabaya, Jawa Timur ini selalu menghabiskan waktu bersama. Mereka sangat suka berdandan dengan outfit senada.

© Instagram

Foto: Instagram @opaomabagio

Busana yang mereka kenakan juga begitu stylish memanjakan mata. Warna atau motifnya selalu kompak. Senyum di wajahnya juga begitu semringah.

Jalan-jalan

© Instagram

Foto: Instagram @opaomabagio

Tampaknya salah satu rahasia awetnya pernikahan Oma dan Opa Bagio adalah suka jalan-jalan bersama. Dari foto-foto yang diunggah, mereka mendatangi kafe-kafe di sekitar Surabaya.

© Instagram

Foto: Instagram @opaomabagio

Manis banget ya pasangan ini, Sahabat Dream.

34 Tahun Berumah Tangga, Pasangan Ini Baru Tahu Pernikahannya Tidak Sah, Kok Bisa?

Dream – Menikah dan membangun rumah tangga adalah impian hampir semua orang. Untuk bisa menikah, banyak persiapan yang harus dilakukan. Mulai dari kesiapan acara pernikahan, hingga syarat dokumen agar pernikahan tercatat secara sah.

Selain itu, adanya wali nikah untuk mempelai wanita juga perlu diperhatikan. Utamanya, wali nikah adalah ayah kandung. Atau bisa diagnti oleh seseorang yang berhak menjadi wali seperti kakek atau saudara laki-laki dari garis keturunan ayah.

Jika adalah kekeliruan selama proses menikah, tentu bisa berakibat fatal seperti pernikahannya tidak sah. Seperti yang dialami oleh pasangan ini. Apesnya, pasangan ini baru sadar jika pernikahan mereka tidak sah setelah 34 tahun berumah tangga.

© Shutterstock

Dikutip dari mStar, pria bernama Mohd Hasril, pencatat pernikahan di kantor Agama bercerita pasangan yang selama 34 tahun berumah tangga baru sadar jika pernikahan mereka tidak sah.

” Pernikahan mereka tidak sah karena dulu mereka memakai wali hakim. Sebab saat menikah dulu, ayah si perempuan tidak setuju dengan pernikahan itu. Suami putrinya adalah suami orang, jadi anaknya dipoligami,” katanya.

Hasril mengungkap, pasangan ini mengambil jalan jalan pintas menikah di Indonesia dan menggunakan wali hukum. Pernikahan mereka pun sederhana dan singkat.

© Shutterstock

Faktor yang membuat pernikahan mereka tidak sah yakni walinya adalah orang lain yang pasangan tersebut pilih sendiri. Sehingga saat menikah pada 1988 silam itu, rumah tangga mereka tidak sah.

Hasril mengaku, kasus seperti ini sudah ia jumpai sejak 2014 silam. Kasus ini bisanya akan merambat pada anaknya yang dianggap tidak jelas statusnya. Ia berharap bagi pasangan yang menikah harus tahu ilmu nikah dan cerai.

” Saya membuat video ini karena saya melihat kurangnya edukasi soal ilmu rujuk dan cerai. Saya rasa ini tanggung jawab saya yang sepaham dengan pekerjaan saya,” ujarnya.