redaksiharian.com – Bukan hanya dipakai sebagai perhiasan, kini emas juga menjadi salah satu bahan yang bisa dipadukan dengan skincare, lho. Sebenarnya trend kombinasi skincare dan emas bukan hal baru di dunia kecantikan, soalnya konon orang mesir kuno menggunakan logam mulia satu ini sebagai terapi kulit karena punya sifat antibakteri dan bisa menyembuhkan.

Nah, kali ini saya akan mengulas salah satu produk skincare lokal yang punya kandungan emas sungguhan di dalamnya yakni Implora 24K Gold Serum. Setelah sebelumnya mencoba Luminous Brightening Serum, saya jadi tertarik untuk membuktikan sendiri kualitas serum-serum dari Implora lainnya.

Makanya ketika produk ini rilis, saya langsung memasukkannya ke dalam wishlist. Seperti apa performa serum emas pertama dari Implora ini? Yuk, cari tahu jawabannya dengan membaca review berikut sampai selesai!

Tentang Produk

Setelah menelan kesuksesan dengan empat serum wajah pertamanya, Implora kembali menghadirkan dua serum tambahan untuk melengkapi rangkaian ini. Ada Hydrating Serum dan selang satu bulan kemudian disusul dengan 24K Gold Serum.

Serum yang diklaim punya kandungan serbuk emas sungguhan ini secara resmi lahir pada awal tahun 2022 lalu. Konsepnya yang cukup unik tentu enggak luput dari perhatian para penyuka skincare terutama serum lovers.

Apalagi, harganya tetap dibanderol affordable padahal diklaim punya kandungan logam yang biasa dipakai sebagai mas kawin tersebut. Siapa yang enggak tergiur?

Klaim dan Benefit

Serum ini mengandung 24K Gold Flakes, vitamin C, niacinamide berkonsentrasi 5%, licorice extract dan marine collagen yang dapat menutrisi, membantu mencerahkan, hingga meningkatkan elastisitas kulit wajah. Ia juga diklaim punya sifat antioksidan dan anti inflamasi.

Cara pakai

Sama seperti pemakaian serum wajah pada umumnya, kamu hanya perlu menuangkan Implora 24K Gold Serum secukupnya atau sekitar 2-3 tetes ke seluruh wajah. Usapkan tipis dan merata, lalu tepuk-tepuk agar penyerapannya optimal.

Implora juga mengatakan kalau serum ini bisa digunakan pagi dan malam. Namun, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen saat pemakaian di pagi hari ya.

Kemasan

Engga ada yang berubah dari kemasan Implora Serum Wajah, semuanya masih dengan double packaging standar yang terdiri dari dus luar dan botol kaca frosted utama yang berisi cairan serum. Pada 24K Gold Serum sendiri, Implora mengadaptasi perpaduan warna hijau emerald dan putih dengan sedikit sentuhan strip dan font berwarna emas.

Botol serumnya yang mungil masih dipasangkan dengan pipet bantat berujung agak bundar. Panjang pipet ini sesuai dengan panjang botol, jadi cairan serum bisa tetap terambil hingga dasar botol.

Karet pipet yang berwarna putih pun enggak keras, ia bisa menyegel udara dalam pipet dengan baik sehingga serum enggak jadi mudah meleber walau lubang di ujung pipet cenderung besar. Pokoknya, walau berukuran mungil, ukuran dan fitur kemasan serum ini cukup nyaman bagi saya.

Ingredient List

Konon, selain serpihan emas, Implora juga mengandalkan niacinamide, vitamin C, licorice extract dan marine collagen dalam formulasi serum ini. Apakah klaim tersebut benar adanya? Kita bisa cari tahu dengan membaca ingredient list berikut.

Full Ingredient

Aqua, Niacinamide, Propylene Glycol, Glycerin, Butylene Glycol, Triethanolamine, Ethoxydiglycol, PEG-40 Hydrogenated, Castor Oil, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Trideceth-9, Ascorbyl Glucoside, Sodium Lactate, Sodium PCA, Hydrolyzed Collagen, DMDM Hydantoin, Glycyrrhiza Glabra Root Extract, Sodium Hydroxide, Tetrasodium EDTA, Phenoxyethanol, Gold, Fructose, Glycine, Inositol, Lactic Acid, Urea, Iodoprophyl Butylcarbamate, Chlorphenesin, Sodium Benzoate, Dipotassium EDTA, Glabridin, Benzoic Acid.

May Contain: CI 77400, CI 77820

Key Ingredients

    Niacinamide

Niacinamide dapat mengatasi masalah pigmentasi terutama dalam konsentrasi 5% dan lebih. Bahan ini sangat baik dalam melawan dehirasi pada sel-sel kulit karena bekerja membantu kulit memproduksi ceramide.

Bila ada bahan-bahan pelembab lain seperti sodium PCA dan gliserin, niacinamide juga bisa jadi agen pendorong hidrasi yang sangat baik. Kabar baiknya, dua bahan tersebut juga ada dalam serum ini.

    Glycerin

Gliserin sudah umum dikenal sebagai agen hidrasi. Sifatnya sebagai humektan dapat meredakan kemerahan sekaligus menyegarkan permukaan kulit kembali.

    Ascorbyl Glucoside

Jangan kebingungan mencari keberadaan vitamin C dalam ingredient list tadi, karena ternyata vitamin C yang Implora gunakan pada serum ini merupakan askorbil glukosida. Ia adalah perpaduan antara vitamin C dan glukosa.

Bila diformulasikan dengan tepat, bahan satu ini dapat menyerap ke dalam lapisan kulit dan terpecah menjadi vitamin C murni (asam askorbat). Fungsinya adalah sebagai antioksidan yang dapat membuat kulit tampak lebih muda, cerah dan halus.

    Sodium PCA

Bahan ini bekerja sebagai humektan yang dapat meningkatkan kandungan air pada permukaan kulit. Sodium PCA juga punya sifat non iritasi dan bisa menormalkan kembali kondisi skin barrier.

    Hydrolyzed Collagen

Sebenarnya bahan yang satu ini bukanlah kolagen sungguhan. Ia merupakan campuran dari banyak peptida besar yang bekerja sebagai agen pelembab dan humektan.