redaksiharian.com – Jakarta Ketika daun yang sudah lama gugur atau sudah lama jatuh dari pohon, kerap kali kita menyebutnya sebagai daun kering. Daun kering salah satu penyumbang produksi sampah organik yang cukup besar di daerah tropis, seperti Indonesia.

Selama ini, daun kering hanya dianggap sebagai sampah belaka, luput untuk dimanfaatkan dan dibuang begitu saja. Padahal, daun kering tak hanya sekadar sampah, tetapi bisa menjadi karya yang cukup mewah. Ada berbagai kreasi kerajinan dari daun kering yang bisa diciptakan.

Enam+

Untuk menghasilkan kerajinan dari daun kering tersebut, diperlukan ide kreatif yang muncul di dalamnya. Dari ide kreatif yang muncul dalam mengolah daun kering, kita akan menyulap barang yang hanya dianggap sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat. Bahkan, jika kreativitas yang muncul dari daun kering, kita bisa menjualnya dan menghasilkan pundi-pundi uang.

Ada banyak kerajinan dari daun kering yang bisa kita buat secara mudah dan murah. Mulai dari benda dekoratif guna mempercantik ruangan hingga barang-barang yang bisa kita aplikasikan dalam urusan rumah tangga sehari-hari.

Selain itu, ada banyak lagi kerajinan dari daun kering yang bisa kita olah agar memberikan manfaat bagi kehidupan kita sehari-hari lho! Tapi sebelum itu, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan dalam membuat kreasi kerajinan dari daun kering ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

1. Pilihlah Daun yang Tepat

Sebelum membuat kreasi kerajinan dari daun kering, langkah awal agar kreasi tersebut dapat memiliki nilai ekonomis yang tinggi adalah dengan memilih jenis daun yang tepat. Kita bisa memilih daun yang menarik dari segi bentuk dan warnanya.

Terdapat beberapa daun kering yang bisa kita pilih sebagai bahan dasar kreasi kerajinan dari daun kering. Mulai dari daun palem kering, daun pelepah pisang, daun pandan, daun ketapang kering, daun salam kering, hingga daun pampas. Selain itu, jika daun yang terhampar di halaman rumahmu terlihat menarik dari segi bentuk dan warnanya, walaupun bukan jenis daun tadi, bisa diaplikasikan untuk menjadi bahan dasarnya.

2. Rendam dan Keringkan Daun

Setelah menemukan jenis daun kering yang tepat, langkah selanjutnya adalah dengan merendam daun dengan air biasa dan mengeringkan daun kering tersebut. Langkah merendam daun kering dilakukan untuk menghilangkan noda-noda yang menempel di daunnya.

Tapi ingat, jangan rendam daun kering terlalu lama, pastikan hanya 5-10 menit saja ya! Jika dilakukan dengan waktu yang lama, daun akan rusak dan kreasi tak bisa diciptakan.

Setelah direndam, kita bisa keringkan daun tersebut. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengeringkan daun, mulai dari mendiamkan saja hingga kering sampai menggunakan wadah tertutup berisikan silica gel. Dengan memakai silica gel, warna daun tidak akan rusak dan warna keasliannya akan terjaga dengan baik.

Selain itu, silica gel juga bermanfaat untuk meminimalisir daun kering terserang jamur. Karena pada langkah ini, jamur mudah datang dan menetap di daun kering, silica gel menjadi cara jitu untuk menumpaskannya.

Fyi, silica gel merupakan butiran kecil yang terbuat dari bahan yang sangat mudah menyerap air. Zat tersebut berperan untuk mengikat molekul air yang berterbangan di udara. Dan ketika diletakkan di dekat daun, silica gel dapat menyerap air sisa perendaman daun kering tersebut lho!

Dan untuk lama pengeringannya, tergantung pada kelembaban daun dan jumlah daun yang dimasukkan ke dalam wadah tersebut. Untuk itu, cek secara berkala menjadi aktivitas yang harus dilakukan guna mendapatkan pengeringan yang maksimal.

Enam+

3. Temukan Inspirasi Menarik

Untuk menciptakan sebuah kreasi kerajinan yang menarik, diperlukan inspirasi yang muncul di dalamnya. Inspirasi didasari oleh pengetahuan yang kita miliki untuk mengembangkan kreativitas. Selain itu, inspirasi juga berdasarkan imajinasi yang kita miliki, “pikiran” liar itu menjadi kunci untuk menemukan sesuatu yang menarik.

Kita bisa memulai temukan inspirasi menarik dari apa yang kita asup dalam alam pikiran sebagai manusia. Tapi, jangan hanya ada di pikiran saja, untuk menemukan inspirasi, ada kalanya kita harus mencoba berlatih membuat kreasi kerajinan ya! Dengan itu, kita jadi terbiasa menerapkan apa yang sudah kita ketahui.

Berlatih mencoba untuk membuat kreasi kerajinan bisa dilakukan sekali, dua kali, atau bahkan tiga kali, sesuai dengan kesanggupan kita. The point is, kita bisa komitmen untuk terus mengasah kreativitas guna menemukan inspirasi menarik dalam membuat kreasi kerajinan.

Mendengar langkah itu sangat mudah bukan? Tapi, segala sesuatu terkadang tidak akan semudah yang kita bayangkan jika itu dilakukan. Terkadang orang merasa berat untuk mencoba membuat kreasi kerajinan dengan rutin dan konsisten lho!

Namun, dengan menjadikan aktivitas berkreasi sebagai rutinitas kreatif, kita bisa menyiasati otak agar terbiasa menghasilkan dan menemukan inspirasi baru. Dan untuk memulai menemukan inspirasi yang menarik, selain kita harus berani mencoba, kita juga harus berani melakukan kesalahan dan lepas dari zona nyaman ya!

Contoh Kreasi Kerajinan dari Daun Kering

Setelah mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan agar kreasi tercipta, sekarang tinggal kita membuat ragam kreasi tersebut. Ada beberapa ragam kreasi yang bisa dibuat dari daun kering lho! Apa saja sih? Simak 7 contoh kreasi kerajinan di bawah ini ya!

1. Gantungan Kunci

Kerajinan pertama yang bisa dibuat dari daun kering adalah gantungan kunci. Ingin mencobanya? Ikuti langkah-langkah pembuatannya di bawah ini.

    Pertama, kita harus menyiapkan beberapa lembar daun kering, gunting, dan lem perekat. Kalian bisa menyiapkan daun yang tidak tipis ya agar tak mudah rapuh.

    Kedua, gunting daun yang sudah disiapkan tadi sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Setelah itu, lubangi bagian atasnya untuk digunakan sebagai pengait.

    Ketiga, gabungkan beberapa daun kering yang sudah ditumpuk. Lalu, rekatkan dengan menggunakan lem. Dan sudah jadi!

    Terakhir, untuk memastikan gantungan kunci tersebut awet, simpan dalam kotak.

2. Pembatas Buku

Kreasi kerajinan kedua yang bisa dibuat adalah pembatas buku. Dengan menciptakan kerajinan satu ini, kreativitas akan kita akan terasah lho! Langkah-langkah pembuatannya, ada di bawah ini.

    Pertama, siapkan karton, stik es krim, daun-daun kering, lem, gunting, dan juga cat.

    Kedua, potong karton yang sudah disiapkan menjadi potongan-potongan yang membentuk penanda. Kalian juga bisa menggunakan stik es krim.

    Langkah ketiga, bentuk daun kering sesuai dengan keinginan atau ikuti pola yang sudah ada. Bisa membuat bentuk lingkaran, kotak, atau segitiga.

    Lalu, tempelkan daun-daun ini pada potongan karton menggunakan lem perekat.

    Setelah jadi, bisa kreasikan pembatas buku dari daun kering dengan gambar-gambar yang estetik dan sedap dipandang.

3. Kaligrafi

Kaligrafi juga bisa dibuat dari bahan dasar daun kering lho! Tidak sulit, kita bisa ikuti langkah di bawah ini ya!

    Pertama, siapkan alas yang akan digunakan, lem, daun kering, dan gunting.

    Langkah kedua, gambar sketsa yang akan diinginkan. Dan oleskan lem pada sketsa yang sudah digambar.

    Ketiga, siapkan daun kering untuk ditempelkan di sketsa yang sudah digambar. Tambahkan daun kering dengan lem.

    Terakhir, tunggu sampai mengering dan kaligrafi jadi.

4. Kap Lampu

Bahan dekoratif dalam ruangan bisa dibuat dari bahan dasar daun kering. Langkahnya, seperti di bawah ini.

    Pertama, siapkan daun kering yang akan dipakai.

    Lalu, siapkan rangka untuk membuat kap. Lapisi rangka tersebut dengan plastik, gunakan staples untuk semakin perekat.

    Ketiga, ambil daun kering dan natural fiber. Kreasikan daun kering tersebut dengan pola tertentu untuk mengelilingi rangka.

    Keempat, siapkan lem ultra phaethon untuk diterapkan pada keseluruhan natural fiber yang telah dikreasikan. Tunggu sampai mengering.

Enam+

5. Tempat Tisu

Kreasi kelima yang bisa dibuat dari kreasi daun kering adalah tempat tisu. Kreasi ini ramah lingkungan dan dengan biaya minimum, manfaat yang didapatkan banyak.

    Pertama, siapkan daun kering. Lalu buat pola daun dengan menggunakan pulpen.

    Kedua, gunting pola tersebut dan bentuk sesuai pola yang diinginkan.

    Langkah ketiga, siapkan kotak sepatu yang tidak terpakai. Lalu, tempelkan pola daun kering tersebut ke kotak sepatu menggunakan lem.

    Terakhir, tempelkan pola yang sudah terdapat di kotak sepatu dengan daun kering secara menyeluruh.

6. Tempat Aksesoris

Selain sebagai bahan dekorasi rumah, daun kering juga bisa dimanfaatkan sebagai benda penunjang penampilanmu lho! Kita bisa membuat tempat perhiasan dari daun kering, mudah dan murah!

    Langkah pertama, siapkan daun kering, kardus kecil, gunting, lem, dan kertas sebagai alas kardus kecil tersebut.

    Setelah itu, gambar pola dengan menggunakan pulpen di atas kertas sesuai dengan keinginan. Usahakan, pola yang dibuat merepresentasikan gaya penampilan kamu ya!

    Lalu, gunting pola tersebut dan sesuaikan dengan ukuran kardus kecil yang sudah tersedia.

    Keempat, tempel pola tersebut di kardus kecil secara menyeluruh. Usahakan tidak ada ruang yang tersisa.

    Langkah kelima, tempel daun kering ke pola yang sudah ada di kardus kecil menggunakan lem. Perhatikan komposisi warna dari daun kering dalam menempelkan daun kering, agar sedap dipandang.

    Keenam, tunggu hingga kering. Dan tempat aksesoris sudah bisa diletakkan di meja!

7. Lukisan

Lukisan juga bisa terbuat dari bahan dasar daun kering lho! Penasaran bagaimana langkahnya? Ikuti di bawah ini ya!

    Langkah pertama, siapkan daun kering, lem, gunting, figura, dan wadah untuk alasnya.

    Kedua, bentuk sketsa desain yang diinginkan. Kalian bisa menggambar gunung, burung, atau yang lainnya.

    Lalu, tempelkan desain yang sudah dibuat tadi ke wadah sebagai alasnya. Gunting menyesuaikan dengan pola.

    Keempat, tempelkan daun kering pada pola yang sudah ada dengan lem. Tunggu hingga kering.

    Kelima, siapkan papan kayu dan figura. Bersihkan dan amplas bagian yang akan ditempeli daun.

    Keenam, letakkan figura di ruangan yang terbuka. Dan selesai dibuat!

Itu tadi 7 kreasi kerajinan yang bisa kalian buat dari daun kering. Kreasi tersebut menunjukkan, bahwa daun kering tidak hanya sekadar sampah, tapi bisa menjadi sebuah benda dekorasi di dalam rumah yang indah.

Daun kering, tak hanya bisa menjadi penunjang seni dan kreativitas kita sebagai manusia, tapi juga bisa menciptakan nilai tambah yang sangat bermanfaat untuk semua.

(*)