redaksiharian.com – Kalau bicara soal lini makeup andalan Wardah, maka seri Colorfit wajib masuk dalam list. Pada artikel review Last All Day Lip Paint sempat saya sebutkan kalau seri Colorfit dapat membantu pengguna dalam menghadapi berbagai first moment.

Makanya Wardah merancang seri ini agar bisa menyatu baik dengan skin tone sekaligus punya ketahanan yang unggulan, sehingga siapa pun yang menggunakannya akan lebih percaya diri dalam menghadapi berbagai first moment dalam kehidupan mereka.

Dari lini kompleksi Colorfit sendiri, ada tiga produk yang dijagokan Wardah; Matte Foundation, Mattifying Powder dan Velvet Powder Foundation. Dan kali ini saya akan mengulas salah satunya yakni Velvet Powder Foundation.

Menurut klaimnya, produk ini bisa memberikan efek oil control yang tahan lama, lho, bahkan hingga 12 jam. Terdengar menjanjikan, bukan? Apalagi bagi pemilik kulit berminyak seperti saya. Nah, untuk tahu apakah klaim tersebut terbukti atau nggak, simak pemaparan berikut ini, yuk!

Tentang Produk

Seri Colorfit sebenarnya sudah diperkenalkan sejak bulan Maret 2021 oleh Wardah. Rangkaian produk dalam seri ini langsung menyedot perhatian publik sejak pertama kemunculannya. Wardah sendiri menyebut Colorfit sebagai ‘long lasting complexion series, fit for long lasting impression’.

Sejak pertama kali resmi dikenalkan, Wardah langsung meluncurkan empat produk dalam seri ini yakni Velvet Powder Foundation, Mattifying Powder, Matte Foundation dan Last All day Lip Paint. Meski begitu, sebenarnya Wardah sempat merilis starter product sesungguhnya dari seri Colorfit di bulan sebelumnya, yaitu Ultra Matte Lipstick Korean Edition.

Wardah Colorfit Velvet Powder Foundation sendiri adalah produk hybrid dari bedak dan foundation. Maka dari itu, selain menawarkan oil control layaknya bedak pada umumnya, powder foundation juga menawarkan coverage. Singkatnya, ia berada satu level di atas bedak biasa dari aspek coverage.

Klaim dan Benefit

Wardah mengklaim kalau Colorfit Velvet Powder Foundation akan terasa halus dan memberikan coverage natural yang buildable. Produk ini juga sudah dilengkapi dengan SPF 20 dan PA++ untuk bantu lindungi kulit dari sinar UV.

Hasil akhir yang ditawarkan adalah matte dengan efek soft focus yang dapat memberikan kesan kulit wajah yang mulus dan pori-pori tersamarkan. SkinMatch Technology dalam formulasi powder foundation ini bahkan didesain khusus agar produk dapat menyatu sempurna dengan warna alami kulit.

Nggak lupa, Wardah juga menyebut telah memformulasikan Colorfit Velvet Powder Foundation dengan Matte Micropowder yang dapat memberikan efek oil control tahan lama, bahkan hingga 12 jam. Bedak ini nggak hanya kabar baik untuk pemilik wajah berminyak, soalnya ia juga bisa digunakan untuk semua jenis kulit.

Cara Pakai

Untuk menggunakan Wardah Colorfit Velvet Powder Foundation, kamu hanya perlu mengusapkan spons aplikator yang telah disediakan secara lembut untuk mengambil produk. Setelahnya, tinggal tepukkan spons tersebut dengan perlahan pada wajah. Kamu bisa mengulanginya bila dirasa produk belum cukup untuk menutupi seluruh area wajah.

Fun Fact

Sudah tahu apa yang membedakan powder foundation dan two way cake? Meski sama-sama perpaduan antara bedak dan foundation, two way cake punya cara pengaplikasian yang cukup unik, lho.

Selain bisa digunakan kering, kamu juga bisa membasahi spons aplikator saat mengaplikasikan bedak two way cake. Hal ini akan sangat membantu bila kamu menginginkan coverage lebih tinggi dan hasil yang lebih natural.

Kemasan

Layaknya Sebagian besar produk Wardah, Colorfit Velvet Powder Foundation dikemas dalam standar double packaging yang terdiri dari dus luar dan wadah utama produk. Dan karena termasuk dalam seri Colorfit, warna kemasan yang diadaptasi masih cream. Pada bagian dusnya bisa ditemukan informasi seputar shade, klaim, ingredient list hingga nomor BPOM.

Untuk bagian wadah bedak sendiri punya warna yang sedikit lebih peachy dibandingkan dus luar. Masih dengan konsep tutup flip, wadah ini memiliki dua kompartemen di dalamnya; penampung bedak dan tempat penyimpanan puff, lengkap dengan cermin yang tertempel pada bagian tutup. Puff yang disematkan Wardah dalam produk ini sendiri berjenis spons.

Oh, ya, pada produk yang baru dibeli, akan ada tambahan mika yang menutupi bagian permukaan bedak. Plastik mika ini akan semakin menjamin kehigienisan produk yang baru dibeli.

Tapi, bila mika ini hilang pun kamu tidak perlu khawatir, karena spons aplikatornya disimpan dalam kompartemen berbeda. Jadinya kontak antara bedak dengan spons pun akan minimal bila produk nggak dipakai.

Nah, detail yang hampir saya lewatkan dari kemasan utama produk ini adalah adanya lubang-lubang kecil pada bagian dasar wadah atau pada bagian spons disimpan. Lubang-lubang ini tampaknya dibuat sebagai jalan keluar masuknya udara untuk menjaga kelembaban spons.

Soalnya spons yang sudah sering bersentuhan dengan kulit akan otomatis menyerap kelembaban dari kulit. Bila dibiarkan begitu saja, lama-lama spons akan jadi terlalu lembab. Dan setahu saya, spons yang terlalu lembab malah bisa jadi sarang bakteri.