redaksiharian.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berencana untuk segera berbincang dengan Perdana Menteri Inggris yang terpilih, Rishi Sunak. Hal itu dibenarkan oleh gedung putih.

“Presiden Biden berharap dapat berbicara dengan… Sunak dalam beberapa hari mendatang dan melanjutkan kerja sama erat kami dengan Inggris,” kata Sekretaris Pers Karine Jean-Pierre, seperti dilansir AFP, Selasa (25/10/2022).

Dia mencatat itu adalah protokol bagi seorang presiden AS untuk menunggu sampai seorang pemimpin baru Inggris bertemu dengan raja konstitusional negara itu. Sunak dijadwalkan bertemu Raja Charles III pada Selasa.

Rishi Sunak bakal menjadi Perdana Menteri Inggris setelah pesaingnya mundur. Dia bakal menjadi Perdana Menteri Inggris pertama yang berasal dari keturunan Asia, tepatnya India.

Dilansir dari BBC, Senin (24/10/2022), Sunak setidaknya mencatat sejumlah rekor baru saat dirinya menduduki jabatan PM Inggris pada usia 42 tahun.

Selain PM Inggris pertama keturunan India, Sunak juga menjadi PM Inggris termuda sejak 1812. Dia juga menjadi anggota parlemen tercepat yang menjadi PM Inggris, yakni dalam 7 tahun.