redaksiharian.com – Jakarta Ada sebagian anak yang lebih memilih menghabiskan waktu untuk bermain ponsel atau menonton televisi. Padahal bermain di luar dan bergerak adalah aktivitas yang sangat penting untuk anak. karena kegiatan tersebut bisa menunjang kesehatan serta tumbuh kembangnya.

Tenang saja jika bunda kerap kali kebingungan hendak mengajak anak beraktivitas seperti apa. Berikut terdapat beberapa ide permainan untuk anak yang bisa kamu lakukan di rumah di antaranya adalah:

1. Jalan dan tangkap

kamu bisa mengajak anak melempar balon berbentuk bola atau bola kecil yang tinggi. Kemudian, tantang ia agar bisa menangkap bola tersebut atau juga bisa mengakalinya dengan memberi tantangan yang lain.

2. Jalan berwarna

Permainan selanjutnya adalah jalan berwarna. Caranya dengan menebarkan kertas lipas beraneka warna di atas karpet yang empuk. Agar kertas tidak mudah pindah tempat, kamu bisa menggunakan double tape sebagai perekat.

Setelah selesai, kamu bisa memberi tantangan dengan mengajak anak berjalan di atas kertas warna tertentu saja sesuai arahan. Misalnya, coba berjalan di atas kertas berwarna merah saja atau yang lainnya. Agar tidak bosan, atur panjang pendek kertas agar anak juga bisa melompat untuk mencapainya.

Selain beraktivitas fisik, permainan ini bisa mengajarkan anak tentang macam-macam warna.