redaksiharian.com – Setelah sebelumnya Kamini mereview Purify Acne & Blackhead Serumoist dari Mad For Makeup, di artikel kali ini yang akan saya bahas adalah saudarinya yaitu Calm PIE & PIH Serum Gel Moisturizer. Kebetulan varian ini relevan dengan permasalahan bekas jerawat yang saya punya.

Tentang Produk

Didedikasikan untuk memenuhi kebutuhan para Rebels (sebutan penggemar Mad For Makeup), serumoist yang perpaduan antara serum dan pelembab hadir dengan dua varian sesuai dengan concern utamanya.

Purify Acne & Blackhead adalah untuk pemilik kulit acne-prone yang ingin menghilangkan jerawat, sementara varian Calm PIE & PIH ditujukan buat kamu yang bergelut dengan masalah bekas jerawat.

Seperti dikutip dari official Instagram Mad For Makeup, serumoist menghabiskan waktu lebih dari 300 hari dalam pengembangannya. Mad For Makeup bahkan nggak ragu buat mengajak para Rebels berperan langsung agar bisa dapat formulasi serumoist yang paling sesuai demand. Keren, ya? Intinya, produk ini memang eksklusif dihadirkan untuk para Rebels.

Klaim dan Benefit

Mad For Makeup Calm PIE & PIH Serum Gel Moisturizer diformulasikan khusus dengan kandungan 4% vitamin B3 dan 3% Tranexamic Acid yang bakal bantu samarkan noda hitam bekas jerawat. Produk ini juga lengkap dengan bahan-bahan pelembab seperti kiwi, aloe vera, chamomile, sodium hyaluronate dan allantoin. Manfaat lengkap dari Calm adalah sebagai berikut:

    Solusi untuk bekas jerawat Post-Inflammaroty Hyperpigmantation (PIH)/ Post-Inflammatory Erythema (PIE)

    Menenangkan dan mencerahkan kulit

    Meningkatkan pemulihan kulit

    pH 7 balanced

    Pelembab yang juga aman untuk pemilik kulit berminyak dan berjerawat, namun direkomendasikan untuk kulit berminyak atau kombinasi

    Nggak akan ngeganggu skin barrier

Cara Pakai

Meski memadukan fungsi serum dan pelembab, cara penggunaan serumoist adalah seperti pengaplikasian pelembab biasa.

    Tuang 2-3 pump produk ke telapak tangan

    Aplikasikan secara merata pada wajah yang telah dibersihkan

    Tunggu hingga produk menyerap dan kering, baru lanjutkan dengan step skincare selanjutnya

    Bila terjadi iritasi, hentikan penggunaan sementara dan disarankan berkonsulasi pada ahli

    Gunakan produk sesuai saran

Agar kandungan aktif dalam seumoist bekerja dengan optimal, kamu juga diharuskan untuk menyimpan produk di tempat kering dan sejuk yang jauh dari panas ataupun sinar matahari langsung.

Kemasan

Selain mengusung konsep yang menarik dan ringkas karena memadukan dua jenis skincare ke dalam stau produk, Mad For Makeup juga membuat desain serumoist dengan cukup cantik. Kamu mungkin biasa menjumpai produk pelembab dikemas dalam tube plastik ataupun jar, nah, serumoist sendiri dikemas dalam botol frosted glass.

Kemasan ini punya kesan kalem nan mewah buat saya, ditambah lagi dengan pemilihan font berwarna putih yang semakin bikin produk ini punya kesan ‘dingin’ dan ‘menenangkan’. Bagian botol ini juga dilengkapi dengan pump plastik yang sayangnya nggak begitu nyaman saat ditekan.

Pump ini agak keras, selangnya juga nggak bisa menyedot serumoist pada kali pertama saya tekan. Saya harus mengatur selang ini sedemikian rupa hingga akhirnya pump bisa meyembulkan serumoist ke luar botol.

Experience ini nggak hanya terjadi di kali pertama produk ada di tangan saya, lho. Saat produk sudah mau habis pun fungsi pump-nya kembali memberikan not so good experience. Sayang sekali, padahal body botol sudah punya nilai positif karena terkesan mewah, tapi bagian pump dan selang ini sepertinya masih jadi PR untuk Mad For Makeup.

Beralih dari botol, produk ini juga lengkap dengan dus luar. Kertas yang dipakai Mad For Makeup pada dus ini sepertinya bisa didaur ulang, soalnya nggak ada tambahan laminasi plastik apa pun. Karena itu, dusnya mudah sekali terkena noda.

Dus ini juga cenderung punya kesan doff dengan warna dasar broken white. Pada dus sudah tertera berbagai informasi dari produk, termasuk nama ‘Calm’ yang dicetak emboss pada satu sisi utamanya.

Ingredient List

Karena dinamakan serumoist, yakni singkatan dari serum dan moisturizer, tentu produk ini sudah dibekali dengan bahan-bahan yang menunjang fungsi dan klaimnya. Lantas apa saja ingredients lengkap yang digunakan Mad For Makeup dalam Calm PIE & PIH Serum Gel Moisturizer?

Full Ingredients

Aqua, Niacinamide, Tranexamic Acid, Glycerin, Methylpropanediol, Propylene Glycol, Aloe Barbadensis Extract, Phenoxyethanol, Melaleuca Alternifolia Leaf Water, Butylene Glycol, 1,2-Hexanediol, Ethyl Hexanediol, Actinidia Chinensis Fruit Water, Anthemis Nobilis Flower Extract, Allantoin, Carbomer, Aminomethyl Propanol, Disodium EDTA, Sodium Hyaluronate

Key Ingredients

Dari ingredients list di atas, manakah yang punya manfaat untuk kulit, ya? Nah, setelah saya seleksi, ternyata ada cukup banyak key ingredients dari produk ini.

    4% Vitamin B3 (Niacinamide)

Siapa sih yang nggak kenal bahan satu ini? Selain banyak penelitian yang membuktikan efektivitas niacinamide dalam mengatasi hiperpigmentasi, bentuk stabil dari vitamin B3 ini juga unggul karena kemampuannya dalam mendorong hidrasi dari bahan-bahan pelembab, hingga menyamarkan tampilan pori-pori yang besar.

    3% Tranexamic Acid

Selain niacinamide, Mad For Makeup Calm PIE & PIH Serum Gel Moisturizer ternyata juga menjagokan tranexamic acid sebagai agen pencerah. Kedua bahan ini bahkan dapat bekerja sama dengan baik dalam mengatasi masalah ketidakmerataan warna kulit.

    Glycerin

Kalau menurut saya, glycerin adalah salah satu bahan penghidrasi yang underrated. Padahal, bahan satu ini layak diberikan predikat master of hydration karena sangat baik dalam menarik air dari udara dan mempertahankannya dalam kulit sehubungan dengan sifatnya yang higroskopis. Gliserin juga berperan dalam memperkuat skin barrier, lho.