redaksiharian.com – Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah menyinggung kepastian jumlah kuota jemaah haji Indonesia tahun 2023. Berapa jemaah ya?

Soal kuota haji jemaah Indonesia untuk 2023 itu disampaikan Tawfiq setelah melakukan pertemuan dengan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas di Kantor Kemenag, Jakarta, Senin (24/10/2022).

“Terkait kuota (haji) kami belum memastikan. Tetapi, semua itu memang pada saat yang lalu terkait dengan kondisi pandemi,” kata Tawfiq.

Tawfiq berharap kuota dan jumlah jemaah haji Indonesia bisa kembali normal setelah kondisi membaik. Tawfiq bilang hitungan untuk jumlah jemaah haji adalah satu dari seribu. Hal ini didasarkan kesepakatan dari negara konferensi atau kerja sama Islam.

“Tahun ini memang belum ditetapkan jumlahnya. Tetapi, semua terkait akan keadaan kesehatan dunia yang sudah lebih baik,” katanya.

Melalui kesempatan yang sama, Menteri Yaqut menyebut Kemenag telah mendiskusikan soal haji bersama dengan Tawfiq. Beberapa di antaranya yakni, kuota haji dan peningkatan pelayanan terhadap jemaah haji perempuan.

“Termasuk juga bagaimana Indonesia diberikan kemudahan-kemudahan oleh pemerintah Saudi dalam mengurus visa untuk umrah nanti,” kata dia.