redaksiharian.com – Jakarta Tiap kali menengok rumput tetangga, yang tampak akan selalu terlihat lebih hijau. Tiap kali membandingkan kehidupan sendiri dengan kehidupan orang lain, milik orang lain selalu tampak lebih baik. Padahal bisa jadi sebenarnya kita sudah bisa bahagia dengan kehidupan kita sendiri saat ini.

Walau kehidupan kita berbeda dari kehidupan kebanyakan orang lain di sekitar kita, tapi kita bisa tetap bahagia dengan cara kita sendiri. Tak harus menunggu memiliki kehidupan seperti orang lain untuk bahagia. Dirimu saat ini dengan kehidupan yang kamu miliki saat ini juga sudah bisa bahagia.

1. Bisa Mensyukuri Semua yang Sudah Ada

Selama kamu masih bisa mensyukuri semua yang sudah ada dan kamu punya saat ini, kamu sudah bisa meraih kebahagiaanmu sendiri. Saat kamu sudah merasa cukup dengan semua yang ada, hati akan terasa lebih lapang. Kebahagiaan pun bisa mengalir dengan sendirinya karena kelapangan hati yang kamu punya.

2. Memahami Tiap Orang Punya Perjuangan Masing-Masing

Saat kamu makin menyadari dan memahami bahwa tiap orang punya perjuangan masing-masing, maka kamu takkan mudah gusar atau gelisah saat melihat orang lain tampak lebih cepat sukses atau berhasil mencapai sesuatu daripada dirimu. Pemahaman ini membuatmu makin menghargai setiap proses yang kamu lalui dan alami. Sehingga kamu pun bisa lebih fokus dengan hal-hal yang lebih penting bagi hidupmu.