redaksiharian.com – Make-up Art Cosmetics, yang lebih dikenal dengan nama M·A·C atau MAC Cosmetics, adalah brand kosmetik yang berdiri di Toronto, Kanada, pada tahun 1984. Kini, MAC dikenal sebagai merk berkualitas tinggi dengan kisaran harga middle-to-high end yang memiliki banyak fans setia.

MAC memang paling dikenal dengan lipstiknya, tapi mereka juga punya banyak produk makeup (dan skincare) yang bisa kamu coba juga. Seperti MAC Prep + Prime Fix+ Makeup Setting Spray, misalnya.

Ini adalah ‘kabut air ringan’ atau face mist yang dengan lembut dapat menenangkan dan menyegarkan kulit, sekaligus membuat riasan wajah jadi semakin bagus lagi. Yuk, kenalan lebih jauh dengan primer dan setting spray dari MAC Cosmetics ini bersama Kamini.

Tentang Produk

MAC Prep + Prime Fix+ Makeup Setting Spray bisa kamu gunakan untuk melembabkan dan menenangkan kulit yang lelah. Produk ini juga bisa digunakan sebagai primer sebelum berdandan, dan memperbaiki tampilan riasan yang sudah berjam-jam agar terlihat segar kembali.

Produk ini hadir dalam berbagai aroma yang menyenangkan, dan hadir dalam dua ukuran botol. Produk yang saya pakai ini versi Original alias tidak ada aroma apa-apanya dengan ukuran full size.

Klaim

MAC mengklaim produk ini sebagai holy grail, alias produk legendaris yang harus dimiliki siapa saja. Mist ini akan melembabkan kulit, jadi bagus buat yang kulitnya kering (seperti saya). Terus, produk ini bisa digunakan bersama dengan produk lain dengan cara yang hampir tak ada habisnya.

Maksudnya, MAC setting spray ini bisa digunakan untuk membuat foundation tidak terlihat kaku, bedak tidak terlihat cakey, mengintensifkan warna makeup (misalnya eyeshadow, blush on, dll), terus memperbaiki tampilan dan memperpanjang waktu pemakaian makeup juga (up to 12 jam).

Di luar itu, face mist MAC ini juga dapat melembabkan dan menenangkan kulit karena dikemas dengan vitamin, mineral, dan beragam kandungan bermanfaat lainnya yang akan lebih jelas di bahas di bawah nanti. Produk ini telah teruji oleh dokter kulit dan dokter mata, dan non-acnegenic juga. Cociks!

Benefit

    Menenangkan dan menyegarkan kulit

    Menghidrasi kulit

    Mengatur dan meningkatkan kualitas tampilan riasan hingga 12 jam

    Teruji oleh dokter kulit dan dokter mata

    Non-acnegenic

Kemasan

Karena produk-produk brand MAC harganya ‘lumayan’, wajar (dan memang seharusnya) tampilan kemasannya mevvah. Dan, bisa terlihat dari dus luarnya yang kokoh, berwarna hitam dengan aksen glitter layaknya galaksi, juga dilengkapi segel yang menandakan produk di dalamnya pasti berada dalam keadaan baik.

Untuk produk MAC yang sudah masuk ke Indonesia dilengkapi penjelasan singkat mengenai produk yang ditempel di dus. Saya rasa informasi ini sangat membantu apalagi buat yang kurang paham bahasa Inggris.

Ini adalah tampilan kemasan face mist-nya. Simpel, elegan, dan terlihat sesuai dengan harganya. Botolnya terbuat dari plastik tapi terlihat dan terasa kokoh seperti kaca. Tenang, botol mist ini tidak berat, kok. Mungkin karena memang berat isinya pun hanya 100 ml.

Lalu, produk ini tidak dilengkapi tutup, tapi cara disimpannya itu dengan memutar ujung semprotan pada posisi ‘lock’. Kalau mau dipakai, baru digeser dan diturunkan untuk ‘unlock’ tutupnya dan produknya baru bisa disemprotkan ke wajah.

Ingredient List

Ada banyak bahan yang terkandung dalam satu botol produk ini. Maka itu, kami membaginya ke dalam dua bagian yakni full ingredients dan key ingredients. Selengkapnya, kami bahas di bawah ini!

    Full Ingredients

Water\Aqua\Eau, Glycerin, Butylene Glycol, Cucumis Sativus (Cucumber) Fruit Extract, Chamomilla Recutita (Matricaria) Extract, Camellia Sinensis Leaf Extract, Tocopheryl Acetate, Caffeine, Panthenol, Arginine, Peg-40 Hydrogenated Castor Oil, Ppg-26-Buteth-26, Fragrance (Parfum), Disodium Edta, Phenoxyethanol.

    Key ingredients
    Glycerin

Glycerin adalah kandungan superstar di dalam produk ini. Juga dikenal sebagai glycerol, bahan ini identik dengan kulit alami kita. Fungsinya sebagai pelembab atau humektan dengan tingkat iritasi dan komedo genisitas 0. Molekul ini aman, efektif, dan murah, makanya sangat umum digunakan di dalam produk kecantikan selama lebih dari 50 tahun.

Bukan hanya sebagai pelembab, gliserol juga akan menjaga lipid kulit di antara sel-sel kulit kita agar selalu dalam keadaan sehat, melindungi kulit dari iritasi, dan membantu memulihkan penghalang kulit (lebih dikenal dengan istilah skin barrier). Pelembab dengan gliserin tinggi sangat bagus untuk merawat kulit yang sangat kering.

2. Cucumis Sativus (Cucumber) Fruit Extract

Ekstrak buah mentimun merupakan emolien yang berguna untuk menenangkan kulit. Mentimun adalah tumbuhan yang bagus untuk kulit karena tidak menyebabkan iritasi. Sayuran berwarna hijau ini terkenal karena sifatnya yang melembutkan dan menenangkan kulit.

Terdapat kandungan asam amino dan asam organik yang bermanfaat untuk mantel asam kulit kita juga. Lalu, ada enzim (shikimate dehydrigenase) di dalam daging sayuran tersebut yang terbukti memiliki sifat anti-inflamasi.

3. Camellia Sinensis Leaf Extract

Kandungan hebat lainnya ini merupakan green tea. Apa yang dilakukannya? Ini adalah antioksidan yang menenangkan kulit. Teh hijau adalah salah satu bahan alami yang paling banyak digunakan di dalam skincare dan makeup. Bagian aktifnya disebut polifenol, atau lebih tepatnya katekin.