redaksiharian.comHampir sebagian besar orang memiliki impian untuk menjadi sosok yang sukses. Namun, tanpa disadari ternyata ada sejumlah kebiasaan buruk yang bisa berdampak besar terhadap kesuksesan Anda di masa depan. Kebiasaan-kebiasaan tersebut sering kali dianggap sepele.

Lantas, apa saja kebiasaan buruk yang dapat menghambat kesuksesan seseorang dalam hidup? erikut hasil yang tim CNBC Indonesia rangkum dari berbagai sumber.

“Dalam hal kesehatan, gaya hidup yang buruk bisa menyebabkan masalah kesehatan yang berbahaya,” tulis Thomas Corley dalam buku Change Your Habits, Change Your Life: Strategies that Transformed 177 Average People into Self-Made Millionaires.

Bila kondisi tubuh tidak sehat, Anda akan menjadi cepat lelah, kurang produktif, lebih mudah stres, dan lebih rentan terjangkit penyakit. Bagaimana Anda bisa fokus membangun kesuksesan jika harus berjuang mengatasi masalah kesehatan setiap hari?

Sering kali, pengeluaran dengan nominal kecil, seperti Rp15.000 untuk camilan ketika kerja setiap hari dianggap sebagai hal sepele yang tidak memiliki pengaruh besar. Namun, ternyata pengeluaran tersebut bisa membuat Anda sulit untuk meraih kesuksesan, terlebih jika camilan tersebut dibeli lebih dari satu kali sehari

Maka dari itu, mulailah utamakan serta perhatikan kebutuhan, menahan keinginan yang tidak terlalu penting, dan menahan diri untuk membeli hal-hal kecil yang sebenarnya tidak perlu.

Dilansir dari Entrepreneur, mengambil risiko adalah hal yang menakutkan bagi sebagian besar orang. Sebab, melangkah keluar dari zona nyaman juga berarti mengambil risiko kegagalan. Namun, bila tidak dicoba maka Anda tidak akan pernah tahu apa yang sebenarnya bisa Anda kuasai dan apa yang akan terjadi ke depannya.

Bill Gates, Richard Branson, Larry Ellison, dan Warren Buffet adalah contoh tokoh-tokoh sukses yang berani keluar dari zona nyaman. Semua tokoh tersebut sempat mengalami kegagalan, tetapi berhasil pada akhirnya karena mereka mendorong diri sendiri untuk mencoba.

Dilansir dari Entrepreneur, jika Anda selalu berpikir negatif dan terus merendahkan diri, seperti mengatakan “Saya tidak bisa melakukan apa-apa dengan baik,” maka bisa berdampak buruk terhadap kepercayaan diri dan mental. Bila hal itu terjadi, pekerjaan yang akan dilakukan jadi terhambat karena selalu ragu terhadap apa yang akan dihasilkan.

Maka dari itu, percayalah pada kemampuan diri sendiri dan selalu yakin terhadap proses yang sedang dijalani. Bila selalu percaya diri dan yakin, Anda bisa membawa diri menuju kesuksesan.

Kebiasaan terlambat menandakan bahwa seseorang tidak efisien dan teratur dalam memanajemen waktu. Selain merugikan diri sendiri, kebiasaan terlambat juga bisa membuang waktu dan menghambat efisiensi orang lain.

‘Waktu adalah uang’ adalah kalimat ujaran agar seseorang selalu menghargai waktu yang berjalan dengan tidak terlambat ketika hendak melakukan sesuatu, tidak menunda-nunda pekerjaan, dan tidak menyia-nyiakan kesempatan yang ada. Bila tidak memegang kalimat tersebut, maka kesuksesan bisa terhambat karena banyak hal yang disia-siakan.