redaksiharian.com – Hadirnya banyak startup menjadi peluang tersendiri bagi pemilik modal. Investor yang fokus mendanai startup jumlahnya pun terus bertambah, baik individu maupun perusahaan.

Sampai saat ini, Amerika Serikat (AS) masih menjadi ekosistem investor dan startup paling besar dan paling aktif. Pada kuartal III/2022, investor dari Negeri Paman Sam bertahan sebagai pemodal yang paling rajin mendanai perusahaan rintisan.

Menurut data CB Insights, ada 9 investor AS yang masuk dalam daftar investor paling aktif melakukan investasi di startup sepanjang Q3 2022.

Gaingels, komunitas angel investor, asal AS menjadi investor dengan jumlah investasi di perusahaan rintisan terbanyak di dunia. Gaingels tercatat mendanai 45 perusahaan dalam portofolionya sepanjang Juli-September 2022.

Kemudian, ada perusahaan investasi yang terkenal fokus di industri Web3 dan kripto, yaitu Andreessen Horowitz.

Dalam daftar investor paling aktif, hanya ada dua investor yang tidak berasal dari Amerika Serikat, yang keduanya berasal dari Asia.

Dua investor tersebut adalah Sequoia Capital China dan East Ventures yang berasal dari Indonesia.

East Ventures tercatat berinvestasi di 25 startup sepanjang Q3 2022. Perusahaan modal ventura ini terkenal sebagai investor pertama di Tokopedia dan Traveloka, dua unicorn asal Indonesia.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini daftar investor yang paling aktif menanam modal di startup pada Q3 2022, dikutip dari laporan CB Insights.