redaksiharian.com – Beberapa cara atau trik bisa Anda temukan dalam artikel singkat kali ini. Maka tanpa banyak basa-basi lagi, mari simak selengkapnya!

1. Coba Jadi Pendengar yang Baik

Ketika orang temperamental sulit mengendalikan emosinya, Anda bisa berusaha menjadi pendengar yang baik. Sikap seperti ini akan memberikan kesan bahwa Anda menjadi pihak yang mengerti tentang apa yang ingin disampaikannya, sehingga ia bisa mengutarakan maksudnya dengan menyeluruh.

Meski tidak selalu berlaku, namun ketika orang temperamen merasa didengar maka ia akan lebih mudah menerima saran atau masukan yang diberikan pihak lain. Membutuhkan usaha yang tidak kecil memang, namun cara ini cukup efektif di banyak situasi.

2. Jangan Bersikap Keras

Sikap keras dan nada tinggi yang ditunjukkan oleh orang temperamental sangat tidak cocok dihadapi dengan sikap keras yang sama. Dikutip dari laman Psychology Today, ada baiknya Anda menggunakan nada bicara yang lembut dan lebih halus saat berhadapan dengan orang seperti ini.

Cara ini cukup efektif untuk menetralkan suasana yang panas saat orang temperamen merasa terpicu emosinya. Dengan menghadapinya menggunakan nada lembut dan halus, Anda juga akan banyak menghemat tenaga, membantu Anda berpikir lebih jernih, dan menjaga ketenangan saat harus berkomunikasi dengannya.

3. Berikan Ruang untuk Beberapa Saat

Terkadang apa yang dibutuhkan orang temperamental adalah ruang untuknya berkomunikasi dengan dirinya sendiri. Jadi ketika suasana menjadi panas, Anda bisa memilih opsi untuk memberikannya ruang sesaat, agar ia ‘dingin’ dengan sendirinya.

Cara ini cukup efektif untuk membantu setiap pihak mendapatkan ruang yang cukup untuk kembali pada apa yang jadi penyebab permasalahan, dan fokus pada solusi alih-alih berdebat mengenai siapa pihak yang bersalah. Dengan cara ini, suasana akan lebih cepat menjadi dingin dan kembali kondusif.

4. Jangan Ragu Mencari Mediator

Ketika situasi tidak menunjukkan tanda perbaikan, maka ada baiknya Anda mencari mediator yang bisa menjadi penengah. Pihak mediator idealnya tidak memihak siapapun, dan bisa menjaga sikap tenang selama menjadi perantara.