redaksiharian.com – Ada beberapa cara untuk menghitamkan kembali bagian dek motor yang sudah kusam dan pudar. Yang pertama tentu saja menggunakan cairan sesuai peruntukannya. Akan tetapi, dari kotak obat sampai benda di dapur juga bisa.

Berikut dirangkum dari beberapa sumber, cara untuk mengatasi dek motor yang mulai kusam:

Menggunakan Semir Sepatu

Cara menghitamkan dek motor menggunakan semir sepatu adalah cuci bersih terlebih dahulu bodi motor yang hendak dihitamkan sampai kering.

Kemudian, oleskan semir sepatu ke bodi motor secara perlahan dan merata. Pastikan tidak ada kotoran yang menempel agar mendapat hasil yang maksimal.

Sebelum pengaplikasiannya, jangan lupa untuk mencuci bersih motor terlebih dahulu.

Minyak goreng yang digunakan yaitu minyak goreng baru, jangan menggunakan minyak goreng sisa. Oleskan minyak di kain halus, kemudian aplikasikan pada bodi motor. Usahakan mengoleskan secara merata agar hasil lebih maksimal.

Cuci bersih bagian bodi motor yang hendak dihitamkan, hingga kering.

Kemudian, oleskan minyak kayu putih pada bagian bodi motor dengan menggosok perlahan pakai kain lembut.

Dalam minyak kayu putih terdapat kandungan yang bisa mengangkat kotoran pada bodi motor serta membuat kinclong kembali warna cat motor. Selain minyak kayu putih, juga bisa memilih baby oil.

Olesi Beeswax

Beeswax yaitu salah satu produk perawatan kulit. Juga bisa digunakan untuk merawat bodi motor. Dijamin, motor akan mengilap. Dan catnya yang sudah kusam menjadi cerah kembali.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, oleskan beeswax ke bodi motor dengan menggosok memakai kain halus. Lakukan secara merata untuk hasil yang maksimal.

Gunakan Cairan Penghitam Bodi Motor

Cairan khusus penghitam bodi motor ini tersedia dalam beberapa merek, bebas memilih yang mana. Penggunaannya tetap sama, yaitu oleskan secara perlahan menggunakan kain halus. Jangan menggunakan kain kasar yang dapat merusak bodi motor.

Ada juga cairan penghitam yang didesain dengan cara disemprot. Cukup semprotkan cairan ke bagian bodi motor yang akan dihitamkan.

Menggunakan Cairan Trim Restorer

Cairan ini adalah pigmen penghitam khusus untuk plastik. Memiliki tekstur yang lebih pekat dan lebih hitam daripada semir sepatu.

Cairan ini banyak dijual di toko online khusus aksesoris motor. Pengaplikasiannya juga sama dengan semir sepatu, cukup dengan mengoleskannya secara perlahan dan pastikan tidak ada kotoran yang menempel.