redaksiharian.comJakarta, CNBC Indonesia – Mendiang Ratu Elizabeth II ternyata tidak suka produk buatan Apple. Mantan pemimpin Kerajaan Inggris yang berkuasa selama 70 tahun tersebut dilaporkan lebih memilih produk buatan Samsung.

Menurut laporan media lokal Inggris, Metro, kecintaan Ratu Elizabeth II pada produk Samsung terjadi sejak 2012. Hal ini dikonfirmasi oleh Royal House of the United Kingdom yang pada awal 2022 lalu memperbarui Royal Warrant bagi Samsung sebagai pemasok alat elektronik untuk Istana Kerajaan Inggris.

Dikeluarkan sejak abad ke-15, Queen Royal Warrant adalah otorisasi yang diberikan kepada bisnis untuk memasok barang atau jasa ke rumah tangga Kerajaan. Perusahaan asal Korea Selatan tersebut menerima cap persetujuan pada tahun 2012 dan sejak itu terus memasok produk teknologinya ke rumah tangga Kerajaan.

British Royal Warrant dapat diberikan oleh Ratu (Queen/King of England), Duke of Edinburgh atau Prince of Wales. Dari ketiganya, Queen Royal Warrant dianggap yang paling bergengsi.

Namun, sebelum resmi mendapat Queen Royal Warrant, menurut laman resmi Samsung, mereka sudah memasok sekitar 100 TV premium dan produk AV untuk keluarga Kerajaan. Selain itu, Samsung juga menyediakan perawatan 24 jam oleh “tim layanan keluarga kerajaan”, dan juga mensponsori acara kriket untuk amal yang diadakan oleh keluarga Kerajaan.

Karena kedekatan Samsung dengan keluarga Kerajaan Inggris, Wakil Direktur Utama Samsung Electronics Lee Jae-yong dilaporkan ikut menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II pada 19 September lalu.