redaksiharian.com – Rumah program DP Rp 0 di Cilangkap, Jakarta Timur diresmikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Kamis, 8 September 2022. Hunian ini belum dijual untuk umum dan masih dalam proses pendaftaran.

Saat ini tersedia sebanyak 860-an hunian yang bertempat di Menara Kanaya, Cilangkap Jakarta timur. Menara ini punya total lantai sebanyak 24.

Rumah DP Rp 0 di Cilangkap dibanderol mulai dari Rp 200 jutaan untuk tipe hunian studio seluas 23,8 meter persegi. Sementara hunian tipe 2 kamar tidur seluas 34,3 meter persegi dijual sekitar Rp 400 jutaan.

“Harga Rp 200 jutaan untuk yang tipe studio, kalau cash segitu,” kata konsumen yang telah berbincang dengan tim marketing kepada detikcom, Jumat (9/9/2022).

Adapun besaran bunga adalah flat sebesar 5%. Tim marketing menyebut tidak ada kenaikan bunga setelah cicilan berlangsung.

Terkait skema DP Rp 0, konsumen tidak dipungut biaya apapun dari awal pendaftaran hingga serah terima kunci. Untuk transaksinya akan menggunakan bank DKI.

“DP Rp 0 rupiah emang nggak ada DP sama sekali, dari awal kita ikut pendaftaran, sampai nanti lolos seleksi sampai benar-benar serah terima kunci, sampai akad notaris kita nggak ngeluarin uang buat notaris,” imbuhnya.

Lama cicilan yang disediakan adalah antara 5-20 tahun. Sementara besaran cicilan per bulan disebut masih diperhitungkan oleh pihak terkait.

Sebagai catatan, calon pembeli yang berminat harus memenuhi beberapa persyaratan. Salah satunya adalah memiliki Kartu Tanda Penduduk dengan domisili DKI Jakarta.

Kemudian besaran gaji atau upah menjadi bahan pertimbangan lainnya. Pendaftar rumah DP Rp 0 Cilangkap harus memiliki gaji di bawah Rp 14,8 juta per bulan. Penghasilan ini dihitung berdasarkan gabungan milik suami dan istri maupun penghasilan individu.

“Kemudian gaji di bawah Rp 14,8 juta, itu juga join income. Suami istri misalnya bekerja, gaji suami Rp 8 juta terus istrinya UMR Rp 4 jutaan. Berarti bisa, kan masih di bawah,” sambungnya.

Syarat lainnya adalah belum memiliki rumah yang dibuktikan dengan surat keterangan dari lurah setempat. Kemudian tidak sedang menerima bantuan subsidi perumahan, memiliki NPWP, dan lolos BI checking.

Jika merasa sudah memenuhi syarat, bisa mendaftar di www.nuansadki.id. Adapun form yang harus diisi di website tersebut antara lain nama, nomor ponsel, alamat e-mail, kata sandi, tanggal lahir, penghasilan pribadi, penghasilan gabungan, nomor KTP, upload KTP, nomor NPWP, dan upload NPWP.

Setelah mendaftar, tim akan melakukan seleksi dan mengumumkan hasilnya lewat pesan WhatsApp atau melalui e-mail.

Untuk lokasi Rumah DP Rp 0 di Cilangkap cukup dekat dengan akses kesehatan, pendidikan, perbelanjaan, transportasi umum, dan lainnya. Rata-rata fasilitas umum tersebut bisa ditempuh kurang dari 20 menit dengan kendaraan roda dua.