redaksiharian.comRumah Down Payment (DP) nol rupiah di Cilangkap, Jakarta Timur diresmikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Kamis, 8 September 2022. Rumah ini dijual khusus untuk warga berdomisili DKI Jakarta.

Dari keterangan konsumen yang telah berbincang dengan tim marketing, rumah DP Rp 0 di Cilangkap dijual mulai dari Rp 200 juta-an. Harga tersebut adalah untuk jenis kamar tipe studio seluas 23,8 meter persegi.

“Harga Rp 200 jutaan untuk yang tipe studio, kalau cash segitu,” kata konsumen tersebut kepada detikcom, Jumat (9/9/2022).

Sementara itu, untuk hunian tipe 2 kamar tidur dijual sekitar Rp 400 jutaan. Kamar ini memiliki luas 34,3 meter persegi.

Adapun besaran bunga adalah flat sebesar 5%. Tidak ada kenaikan bunga setelah cicilan berlangsung.

“Kalau bunga flat 5%. Karena banyak yang ketakutan kalau kaya apartemen selayaknya kan biasanya dua tiga tahun ada kenaikan. Kalau ini flat,” katanya menambahkan.

Terkait skema DP nol rupiah, konsumen tidak dipungut biaya apapun dari awal pendaftaran hingga serah terima kunci hunian.

“DP nol rupiah emang nggak ada DP sama sekali, dari awal kita ikut pendaftaran, sampai nanti lolos seleksi sampai benar-benar serah terima kunci, sampai akad notaris kita nggak ngeluarin uang buat notaris,” imbuhnya.

Adapun pembayaran sendiri adalah menggunakan bank DKI. Calon pembeli disarankan untuk membuka rekening bank DKI jika memang berminat.

Lama cicilan yang disediakan adalah antara 5-20 tahun. Sementara besaran cicilan disebut masih diperhitungkan oleh pihak terkait.

Rumah DP nol rupiah ini sudah diisi fasilitas seperti taman bermain, balai kesehatan, balai warga, kios dan toko, mushola, taman kanak-kanak, keamanan 24 jam CCTV, halte, dan parkir motor.

Sebagai informasi, Pemprov DKI baru membuka proses pendaftaran dan belum memasarkan unit rumah DP nol rupiah di Cilangkap ini. Untuk pendaftaran bisa dilakukan di www.nuansadki.id.

Lihat juga video ‘Tuntutan untuk Para Terdakwa Pusaran Kasus Rumah DP 0 %’: