redaksiharian.com – “Gue dari umur 13 tahun ada gangguan kesehatan mental. Dulu gue sangat anxiety. Aku depresi, sampai aku ingin bunuh diri,” ujar Ariel Tatum, saat menjadi bintang tamu di podcast KUY Entertainment yang diunggah pada (6/9/2022).

Tidak hanya itu, untuk menjaga kondisi kesehatan mentalnya, Ariel Tatum mengaku pernah mengonsumsi obat penenang. Namun, kebiasaan tersebut telah berhenti setelah dirinya melakukan metode meditasi demi menjaga kesehatan mentalnya.

“Gue sudah berhenti minum obat itu tiga tahun. Gue tahu bagaimana menangani diri gue dengan lebih baik. Gue punya niat utuh untuk menjadi lebih baik,” ucap Ariel Tatum.

Masalah kesehatan mental seperti Ariel Tatum memang kerap kali terjadi pada banyak orang. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan mental sangat diperlukan. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental melansir laman National Institute of Mental Health.

1. Olahraga teratur

Olahraga sangat baik untuk menjaga kesehatan mental seseorang. Dengan berolahraga seperti berjalan kaki 30 menit dapat membantu meningkatkan suasana hati seseorang. Meski olahraga yang dilakukan sebentar, hal tersebut juga tetap memberikan dampak baik bagi kesehatan mental seseorang.

2. Konsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan yang sehat akan memberikan energi dan fokus pada seseorang. Hal ini juga akan memberikan dampak baik bagi kesehatan mental. Untuk itu, seseorang dapat mengurangi konsumsi minuman berkafein seperti kopi, dan lain-lain yang mendorong timbulnya depresi.

Dengan diet seimbang dan konsumsi banyak air akan memberikan kesehatan yang baik secara fisik dan mental pada seseorang.

3. Prioritaskan waktu tidur

Tidur yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan mental seseorang. Kurangi juga paparan cahaya biru dari layar ponsel dan komputer yang menyebabkan sulit tidur. Seseorang dengan tidur yang terjaga akan membantu terhindar dari masalah mental.

4. Lakukan aktivitas yang menenangkan

Melakukan berbagai aktivitas yang menenangkan akan sangat baik untuk kesehatan mental seseorang. Beberapa aktivitas tersebut dapat berupa meditasi, relaksasi otot, latihan pernapasan, dan lain-lain.

5. Tetapkan tujuan dan prioritas

Salah satu alasan seseorang mengalami gangguan mental karena banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan. Untuk itu, seseorang bisa mencoba menentukan prioritas apa yang harus dilakukan terlebih dahulu. Dengan begitu, nantinya pekerjaan akan selesai satu per satu. Hal tersebut juga dapat membantu menjaga kesehatan mental.

6. Belajar bersyukur

Bersyukur akan membuat seseorang menghargai segala hal yang dimilikinya saat ini. Untuk itu, menjaga kesehatan mental dapat dibantu dengan belajar bersyukur. Hal ini dapat dilakukan untuk menghargai hal-hal yang telah dialami dan dimiliki.

7. Fokus pada hal-hal positif

Salah satu penyebab gangguan mental karena banyaknya pikiran negatif yang memengaruhi seseorang. Untuk itu, penting menjaga kesehatan mental tersebut dengan fokus pada hal-hal positif yang ada di sekitar.

8. Tetap terhubung pada kehidupan sosial

Menyendiri akan dapat mendorong seseorang mengalami gangguan mental. Hal ini karena ia akan merasa sendiri menghadapi masalah yang ada. Dengan tetap terhubung pada kehidupan sosial, akan membantu orang tersebut mendapat dukungan secara emosional dan fisik dari keluarga, atau kerabat dekatnya.