redaksiharian.comJakarta, CNBC Indonesia – Tipes, atau demam tifoid, adalah penyakit infeksi akut yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhii. Penyakit ini merupakan ancaman serius di seluruh dunia yang menyerang sekitar 27 juta orang atau lebih setiap tahun.

Ketika terinfeksi bakteri tersebut, seseorang biasanya mengalami demam secara terus menerus yang bisa mencapai 39-40 derajat Celcius. Karena gejala umumnya adalah demam, banyak orang salah mengira mereka hanya meriang biasa. Karena itu, satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti apakah seseorang terinfeksi tipes adalah dengan melakukan pengecekan sampel darah atau tinja (kotoran) yang diuji di laboratorium.

Penyakit tipes banyak menjangkiti orang di negara-negara berkembang. Mengutip Mayo Clinic, kebanyakan orang terinfeksi usai meminum air yang terkontaminasi. Bakteri juga dapat menyebar melalui makanan yang terkontaminasi dan melalui kontak langsung dengan seseorang yang terinfeksi.

Mengutip Pusat Pengawasan dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, berikut adalah sejumlah gejala tipes:

Penderita tipes yang tidak mendapatkan pengobatan antibiotik bisa mengalami demam selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan dan dapat mengalami komplikasi. Orang yang tidak mendapatkan pengobatan bisa meninggal karena komplikasi infeksi.

Agar terhindari infeksi tipes, Anda sebaiknya menghindari 4 faktor risiko berikut:

Cara lain penularan infeksi tipes, antara lain: