redaksiharian.com – Ibu kota negara (IKN) akan pindah ke Kalimantan Timur. Perpindahan ibu kota ini dinilai tidak akan mengurangi peran Jakarta sebagai pusat bisnis Indonesia.

Menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Jakarta Justru akan semakin baik dan nyaman ketika ibu kota pindah. Tingkat kemacetan di Jakarta disebutnya akan berkurang.

“IKN dibangun, tapi saya meyakini dengan pindahnya ibu kota ke Kalimantan tidak akan mengurangi peran serta kota Jakarta. Justru DKI Jakarta akan semakin baik dan nyaman, kemacetan akan berkurang,” katanya dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) REI DKI Jakarta tahun 2022 di Hotel JS Luwansa Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (8/9/2022).

Riza mengatakan, pihaknya akan terus menata infrastruktur di Jakarta. Ia pun memastikan jika Jakarta akan tetap menjadi pusat bisnis.

Bahkan menurutnya, pertumbuhan sektor properti tidak hanya terjadi di Jakarta. Properti di kota-kota penyangga Jakarta tetap akan tumbuh meskipun ibu kota pindah ke Kalimantan Timur.

“Pasar properti di Jakarta akan meluas walaupun pusat pemerintahan pindah. Kedepannya juga akan merambat ke kota-kota penyangganya seperti Bogor, Bekasi, dan Tangerang,” ungkapnya.

Sementara itu, Riza mengapresiasi peran pengembang properti atas kontribusinya dalam membangun infrastruktur. Kontribusi yang dimaksud terkait pembangunan perumahan hingga perkantoran di Jakarta.