redaksiharian.comApa itu CV ATS friendly?

Dilansir dari laman resume genius, ATS (Applicant Tracking System) adalah perangkat lunak yang digunakan banyak perusahaan besar untuk menyeleksi dengan cepat CV para pelamar, apakah mereka memenuhi syarat untuk lowongan yang sedang dibuka.

Perangkat lunak ATS akan secara otomatis memindai dan memproses setiap lamaran yang masih, kemudian mendiskualifikasi langsung pelamar yang tidak memenuhi persyaratan. Persyaratan ini biasanya mencakup hal-hal krusial seperti pengalaman kerja, sertifikasi, dan hard skill yang dimiliki.

Tips membuat CV ATS friendly

Masih dari laman resume genius, berikut tips supaya CV Anda bisa lolos dari screening perangkat ATS.

1. Gunakan template yang mudah dibaca

Saat ini, sudah banyak template CV ATS yang Anda gunakan, bahkan dari microsoft word. Template ini berfokus pada tulisan, bukan gambar, grafik, atau bagan.

Selain itu,pilihlah font yang umum digunakan, seperti Arial, Calibri, Cambria, Verdana, Laato, Georgia, atau Helvetica

2. Beri label yang benar

3. Gunakan kata kunci pekerjaan

Untuk menentukan apakah kualifikasi Anda relevan dengan posisi yang dibuka, ATS akan memindai kata kunci di dalamnya, salah satunya dengan kemampuan yang dibutuhkan.

Misalnya, jika Anda melamar di perusahaan software, kata kunci seperti Javascript, CSS, C++ akan membantu meloloskan proses screening. Jadi, sesuaikan kata kunci dengan pekerjaan yang Anda lamar.

4. Simpan dalam bentuk PDF atau .docx

Beberapa jenis perangkat ATS lama mungkin mengalami kesulitan untuk membaca file PDF, jadi akan lebih baik jika Anda menyimpan CV dalam bentuk .docx. Anda bisa melakukan konversi format tersebut dengan Google Documents.

5. Lakukan tes CV ATS

Jika telah menerapkan tips di atas, seharusnya CV Anda akan dengan mudah terbaca perangkat ATS. Namun, jika masih penasaran bagaimana hasilnya, Anda bisa mencoba mengeceknya di laman-laman CV ATS friendly checker yang sudah banyak dibuat.

Namun, perlu diketahui bahwa hasil di sini mungkin tidak relevan seutuhnya. Sebab, setiap perusahaan mungkin memiliki perangkat ATS yang berbeda.

Demikian informasi mengenai CV ATS friendly. Perlu diketahui, tidak semua perusahaan menggunakan sistem ini. Bagi perusahaan kreatif, mereka mungkin lebih menyukai CV yang berwarna sesuai bidang pekerjaan di mana mereka memang bergerak.