redaksiharian.com – Meski demikian, dalam Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi, Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, Dosen Uniba Surakarta, Supawi Pawenang mengingatkan agar tidak sembrono dalam mengakses teknologi digital.

“Kita harus sadar dalam berinternet, di dalam berinternet kita harus beretika dan dapat membentengi diri dalam bermedia, batasi hal dari hal-hal yang negatif, hindari melakukan atau mencontohi hal-hal yang tidak patut dicontoh yang terdapat dalam internet, tidak selamanya yang viral itu baik dan benar. Saat ini sudah saatnya kita menggunakan digital dan memanfaatkan teknologi dengan baik dan benar,” kata dia dalam keterangannya, baru-baru ini.

Sementara itu, peneliti dan founder Literasi Salam Pelosok Negeri, Muhammad Basiq El Fuadi mengatakan bahwa jika individu yang cakap bermedia digital akan mampu mengetahui, memahami, dan menggunakan perangkat keras dan lunak saat berinternet media digital.

Salah satunya memahami kerja mesin pencarian informasi yang dapat digunakan untuk mencari hal-hal yang diperlukan dalam hal pendidikan dengan baik dan benar.

“Peran teknologi untuk mendukung proses belajar dan mengajar akan membuat kita sebagai pelajar menjadi lebih mudah dalam mendapatkan informasi yang kita inginkan baik itu berupa berita, video, film, serta jurnal-jurnal yang sesuai dengan kebutuhan kita,” ungkap Muhammad Basiq.