redaksiharian.com – Apple mengumumkan kemampuan yang telah lama dikabarkan yakni menghubungkan seri iPhone 14 ke satelit untuk layanan darurat. Fitur tersebut hadir melalui kemitraan dengan Globalstar.

Ini dirancang untuk menghubungkan antena iPhone 14 langsung ke satelit agar bisa mengirim pesan di area yang tidak terhubung oleh menara seluler.

Manajer pemodelan dan simulasi satelit Apple Ashley Williams mengatakan sebuah algoritma di telepon memampatkan pesan teks ke ukuran yang membutuhkan waktu kurang dari 15 detik untuk mengirim ke satelit. Sebelum akhirnya diteruskan ke stasiun bumi dan ke penyedia layanan darurat.

Layanan satelit darurat diluncurkan pada bulan November, dan termasuk gratis selama dua tahun dengan iPhone 14, demikian dikutip dari CNBC Internasional, Kamis (8/9/2022)

Globalstar mengkonfirmasi dalam pengajuan bahwa mereka mendukung layanan satelit darurat iPhone 14. Perusahaan itu akan mengalokasikan 85% dari kapasitas jaringan yang ada saat ini dan masa depan untuk mendukung fitur tersebut.

Komunikasi satelit, yang memiliki beberapa jaringan yang mendukung telepon khusus, kini memang sedang memasuki era investasi baru. Perusahaan termasuk SpaceX dan AST SpaceMobile milik Elon Musk.

Mereka sebelumnya telah mengumumkan kemitraan dengan penyedia layanan seluler, dengan tujuan yang sama untuk menyediakan layanan satelit serupa langsung ke smartphone konsumen tradisional.