redaksiharian.com – Menjelang perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, kubu Airlangga Hartarto semakin optimis.

Hal itu bukan tanpa alasan. Pasalnya Ketua Umum Golkar , Airlangga Hartarto semakin deras mendapatkan dukungan dari berbagai komunitas.

Di Pasuruan, Jawa Timur, Rabu (24/8/2022), sejumlah pegiat wirausaha dan pelaku ekonomi kreatif menyatakan dukungan dan mendeklarasikan Airlangga sebagai calon presiden.

Airlangga diyakini terbukti memiliki visi dan kompetensi sebagai pemimpin nasional pasca Jokowi baik di bidang politik maupun sosial ekonomi.

Tidak hanya dari kalangan pelaku interpreneurship, dukungan dan deklarasi juga datang dari komunitas religius.

Baru-baru ini, ratusan santri dan ustadz yang tergabung di dalam Forum Komunikasi Ustadz dan Sasntri (Fokus) Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Fokus menggelar doa bersama serta deklarasi dukungan untuk pencapresan Airlangga Hartarto di Pondok Pesantren Al-Islah di Kampung Wangunsari, Desa Darang, Kecamatan Darangdan, Sabtu (27/8/2022).

Fokus menilai bahwa figur Airlangga telah membuktikan diri peduli pada ulama, ustadz, dan santri khususnya di wilayah Jabar.

“Pak Airlangga sudah terbukti dekat dengan ulama dan rajin soan ke pesantren-pesantren, khususnya yang ada di Jawa Barat. Beberapa waktu lalu datang ke acara Haol Pesantren Buntet bahkan menyampaikan bantuan pendidikan ke salah satu santri di sana,” ujar Fahmi salah satu ustadz yang tergabung di Fokus.

Masih dari Jabar, dukungan datang dari Pemuda Penggerak Desa. Wajharnas menyebut pihaknya telah melakukan deklarasi dukungan terhadap Airlangga sebagai capres bertepatan pada momen HUT ke-77 RI.

“Menurut kami sebagai orang desa, Pak AH mampu melanjutkan kepemimpinan Presiden Jokowi dalam menjalankan program sosial ekonomi, pembangunan dan kesejahteraan sosial,” terangnya.

Salah satu pimpinan relawan pendukung Airlangga, Ikhwanul menyampaikan, rasa syukur dan apresiasi kepada masyarakat terkait semakin besar dukungan untuk pencapresan Airlangga.

Secara khusus dia mengucapkan terima kasih kepada Fokus, komunitas pelaku usaha, dan peneggerak desa yang telah mendukung Airlangga.

“Kami bersyukur dan tentu berterima kasih kepada mereka yang telah melakukan dukungan dan deklarasi. Hal ini tentunya semakin menjadikan kita optimis karena upaya dan kerja keras Pak Airlangga dalam pemulihan ekonomi dan stabilitas pemerintahan menjalankan amanah Presiden Jokowi, mendapat respon positif,” ujar Ikhwanul dalam keterangannya, Kamis (1/9/2022).

Masih berpeluang

Sebelumnya, Pengamat politik Unhas Andi Ali Armunanto menilai Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto masih memiliki peluang besar untuk memenangi Pilpres 2024.

Menurutnya, nama Airlangga masih terbuka memenangi pilpres meskipun muncul nama Ketua DPP PDIP Puan Maharani maupun Ketum Gerindra Prabowo Subianto sebagai kandidat capres .

“Walaupun ada Puan Maharani (PDIP), Prabowo Subianto (Gerindra), peluang Airlangga sangat besar menang Pilpres 2024,” ujarnya dalam keterangan, Minggu (4/9/2022).

Diketahui, Puan dan Prabowo bertemu di Hambalang, Jawa Barat, pada Minggu (4/9/2022). Pertemuan ini menjadi safari politik kedua Puan setelah sebelumnya menemui Ketum Nasdem Surya Paloh.

Andi menuturkan, baik Puan, Prabowo, dan Airlangga sudah memiliki tiket menuju Pilpres 2024.

Airlangga sudah mengantongi kekuatan politik melalui Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang dibangun bersama PAN dan PPP. KIB sendiri sudah memenuhi syarat ambang batas pencalonan presiden dan wakil presiden 2024.

Musim Deklarasi dukungan capres

Deklarasi dukungan masyarakat bermunculan jelang Pilpres 2024.

Bukan hanya Airlangga, Anies Baswedan pun mendapat dukungan dari sejumlah orang yang menamakan diri mereka Sobat Anies Jakarta Selatan.

Mereka menggelar deklarasi untuk mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (Sekjen DPP) Sobat Anies, Arini Sumardi mengatakan, deklarasi yang digelar ini diklaimnya akan menjadi simpul atau wadah bagi para pendukung Anies Baswedan di seluruh Indonesia.

“Karena wadah Sobat Anies merupakan pintu gerbang untuk memasuki ogranisasi sobat anies yang nanti kita akan mengorganisir ke indonesia,” kata Arini kepada awak media saat deklarasi di kawasan Poltangan, Jakarta Selatan, Minggu (4/9/2022).

Meski deklarasi sudah mulai digelar oleh para relawan, Arini meyakinkan kalau pihaknya tetap menghormati tanggungjawab Anies Baswedan saat ini menjadi Gubernur DKI Jakarta.

“Mungkin nanti akan ada kegiatan deklarasi secara nasional setelah pak Anies resmi mencalonkan diri sebagai presiden,” tutur dia.

Arini menyatakan, untuk saat ini relawan Sobat Anies sudah terbentuk setidaknya di 24 Provinsi.

Seiring berjalannya waktu, Arini memastikan kalau Sobat Anies akan turut tersebar di seluruh Indonesia.

Partai Golkar Minta Kadernya Aktif Sosialisasikan Airlangga Hartarto Capres 2024 di Media Sosial

Partai Golkar Minta Kadernya Aktif Sosialisasikan Airlangga Hartarto Capres 2024 di Media Sosial

Golkar Kota Ambon Ingin Airlangga Hartarto Jadi Calon Presiden dan Menang di Pilpres 2024

Airlangga Hartarto – Puan Maharani Akan Bertemu, Golkar Pastikan KIB Terbuka untuk PDIP

Partai Golkar Kota Ambon Usung Airlangga Hartarto dalam Pemilihan Presiden Tahun 2024

Waketum Golkar: Airlangga Hartarto dan Puan Maharani Direncanakan Bertemu untuk Bahas Pemilu 2024

Prabowo Subianto Menerima Kunjungan Puan Maharani di Hambalang, Kode Pasangan Capres 2024?

45 Siswi Jadi Korban Kekerasan Seksual Oknum Guru Agama di Batang, 10 Dirudapaksa, 35 Dicabuli

Relawan Ricuh saat Gubernur DKI Dicecar Wartawan soal Formula E, Teriakkan “Anies Presiden”

Komnas Perempuan Bela Putri Candrawathi, Jelaskan Statusnya yang Tak Ditahan Seperti Perempuan Lain

Fadly Padi Tampil di Peluncuran Buku Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar

Deolipa Yumara Akui Tak Diberi Gaji dari Bareskrim Polri Meski Dampingi Bharada E 5 Hari Penuh

Kronologi Pembunuhan dan Rudapaksa di Kebun Karet terhadap Siswi SMP demi Ingin Kuasai HP Korban