RedaksiHarian – Taiwan pada Senin menggelar latihan dengan peluru sungguhan di pesisir selatan pulau iniyang berlokasi strategis, dengan menembakkan rudal dari kendaraan lapis baja untuk menghancurkan target dekat pantai dalam simulasi memukul mundur pihak penyerang.

Latihan ini dilakukan pada saatChina meningkatkan tekanan militer selama tiga tahun terakhir untuk menegaskan klaim kedaulatannya. Angkatan bersenjata Taiwan pun rutin berlatih untuk menangkal serangan China.

Humvee tentara darat Taiwan menderudi sekitar area latihan di pesisir Fangshan, wilayah Pingtung, dekat ujung selatan pulau itu, sebelum menembakkan rudal anti-tank TOW buatan AS untuk menghancurkan sasaran diam dekat garis pantai.

“Latihan yang kami lalukan hari ini pada umumnya menggunakan artileri sungguhankarena latihan pertahanan perlu dibuat semirip mungkin dengan pertempuran asli sehinggatentara kami menjadi percaya diri dan memiliki kemampuan melindungi tanah air kami,” kata juru bicara Kementerian Pertahanan Sun Li-fang kepada wartawan.

Pingtung menghadapSelat Taiwan, Laut Cina Selatan, Samudra Pasifik, dan Selat Bashi, serta memisahkan Taiwan dari Filipina.

Wilayah ini merupakan titik strategis untuk mengawasi aktivitas militer China, dan lokasi pendaratan potensial bila terjadi serangan.

Taiwan menggelarlatihan paling penting tahunan, Han Kuang, akhir bulan ini, dengan fokus memerangi blokade dan menjaga kemampuan tempur pasukannya.

Latihanitumelibatkan jet angkatan udara yang beroperasi di bandara sipil, termasuk bandara internasional Taoyuan, untuk berlatih menggunakan fasilitassipil jika pangkalan udara tidak dapat digunakan dalam perang.

China berlatih melancarkan serangan tepat sasarandan blokadepulau itu pada April setelah Pemimpin Tsai Ing-wen bertemu Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat Kevin McCarthy di Los Angeles.

Beijing tidak pernah mengesampingkan penggunaan kekuatan militer untuk mengintegrasikanTaiwan, namun Taiwan menolak klaim kedaulatan Beijing dan bersumpah akan mempertahankan kemerdekaan dan demokrasinya.

Sumber: Reuters