redaksiharian.com – Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia memastikan investor swasta bakal masuk ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Agustus-September 2023. Investor disebut sangat berminat dengan proyek IKN, terbukti dengan bertambahnya Letter of Intent (LoI) dari 220 menjadi 228.

Menurutnya pembangunan IKN akan berjalan lancar, selama pengganti Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejalan dengan program pemerintah saat ini.

“Apakah yakin ini bisa berjalan? Saya yakin 100% bisa berjalan, terkecuali yang mengganti pak Jokowi adalah yang tidak sejalan dengan pak Jokowi. Itu lain cerita lagi. Siapa saja, yang penting sejalan sama Jokowi,” katanya saat Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR RI, Jakarta Pusat, Jumat (9/6/2023).

Optimisme Bahlil juga datang dari insentif yang ditawarkan untuk investor IKN. Investor masih menunggu selesainya pembangunan infrastruktur dasar yang bersumber dari APBN.

Terkait nilai investasi itu Bahlil belum bisa menjelaskan. Ia baru bisa mengumumkan ke publik saat investor sudah melakukan konstruksi.

“Kami punya komitmen jangan dulu diumumkan. pada saat mereka masuk konstruksi, baru kami umumkan. Kami Kementerian investasi mengumumkan, bukan ‘nanti akan’,” lanjutnya.

Menurutnya, IKN akan diisi oleh fasilitas pendidikan, rumah sakit, properti, olahraga, dan lainnya. Untuk pembangunan tol direncanakan terhubung ke IKN pada tahun depan. Mobilisasi saat ini dilakukan melalui jalan non tol yang sudah ada.

Saat ini pemerintah fokus membangun istana negara, kantor kementerian, perumahan pejabat, dan infrastruktur dasar.

“Di sana itu lagi fokus membangun istana, kantor-kantor kementerian, perumahan-perumahan menterinya dan infrastruktur dasar,” pungkasnya.