redaksiharian.com – Presiden China Xi Jinping menerima kedatangan Bill Gates di Beijing, dan menyebutnya sebagai teman lama. Dia berharap kerja sama bisa terjalin agar China dan Amerika Serikat dapat diuntungkan.

Dilansir Reuters, Sabtu (17/6/2023), pertemuan itu terjadi di Wisma Tamu Negara Diaoyutai Beijing. Xi mengaku pemilik Microsoft itu adalah teman Amerika yang pertama ia temui sejak tiga tahun belakangan ini.

“Saya sering mengatakan bahwa fondasi hubungan AS-Tiongkok terletak pada rakyatnya. Saya menaruh harapan saya pada rakyat Amerika,” kata Xi dalam sebuah video yang diterbitkan oleh penyiar negara CCTV.

“Dengan situasi global saat ini, kita dapat melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi kedua negara dan rakyat kita, kegiatan yang bermanfaat bagi umat manusia secara keseluruhan,” tambahnya.

Gates, yang tiba di Beijing pada hari Rabu, mengatakan dirinya merasa terhormat memiliki kesempatan untuk bertemu Xi.

“Kami selalu melakukan percakapan yang menyenangkan dan kami akan memiliki banyak topik penting untuk didiskusikan hari ini, sangat menyenangkan bisa kembali,” kata Gates.

Dalam postingan di blog pribadinya, Gates mengatakan dia dan Xi telah membahas tantangan kesehatan dan pembangunan global seperti ketidaksetaraan kesehatan dan perubahan iklim.

Diketahui, Xi berhenti bepergian ke luar negeri selama hampir tiga tahun karena China menutup perbatasannya selama pandemi virus corona. Pertemuan Xi dan Gates terakhir terjadi pada 2015 di sela-sela forum Boao di Provinsi Hainan.

Pada awal tahun 2020, Xi juga sempat menulis surat kepada Gates untuk berterima kasih padanya dan Yayasan Bill & Melinda Gates atas janji bantuan ke China, termasuk 5 juta USD untuk perjuangannya melawan COVID-19.

Lihat juga Video: Zelensky Beberkan Isi Pembicaraannya dengan Xi Jinping