redaksiharian.com – Populasi Kanada mencapai angka bersejarah, yakni 40 juta jiwa, pada 16 Juni 2023, demikian diumumkan oleh Statistics Canada pada Jumat (16/6).

Populasi Kanada saat ini tumbuh dengan laju yang memecahkan rekor. Pada 2022, jumlah penduduk Kanada meningkat sebanyak 1.050.110 jiwa, menandai kali pertama dalam sejarah Kanada jumlah penduduk bertambah lebih dari 1 juta jiwa dalam satu tahun dengan tingkat pertumbuhan tahunan mencapai 2,7 persen.

Jika rekor tingkat pertumbuhan sebelumnya pada tahun 1950-an sebagian besar dikaitkan dengan tingginya angka kelahiran selama periode ledakan kelahiran bayi (baby boom) pascaperang, migrasi internasional menyumbangkan hampir seluruh pertumbuhan yang tercatat pada 2022, kata badan statistik nasional itu.

Kanada sejauh ini memimpin negara-negara Kelompok Tujuh (Group of Seven/G7) dalam hal pertumbuhan populasi dan hal tersebut telah terjadi selama dua dekade terakhir, ungkap badan itu.

Jika tingkat pertumbuhan populasi ini tetap stabil di tahun-tahun mendatang, populasi Kanada dapat bertambah dua kali lipat dalam kurun waktu sekitar 26 tahun, menurut Statistics Canada.