redaksiharian.com – Otoritas China telah menetapkan sanksi kepada fan yang nekat menyusup masuk ke lapangan Worker’s Stadium untuk memeluk Lionel Messi saat timnas Argentina menjalani laga FIFA Matchday kontra timnas Australia.

Polisi China dilaporkan telah menahan pria tersebut dan akan melarangnya masuk stadion selama setahun.

Video yang beredar luas di media sosial menunjukkan fan asal China itu nekat berlari ke lapangan saat pertandingan babak kedua tengah berlangsung pada Kamis (15/6/2023) malam.

Dia lalu mendapat pelukan dari idolanya, Lionel Messin, sebelum kemudian dikejar oleh petugas.

Penonton bersorak dan bertepuk tangan melihat tingkah pria tersebut, namun polisi tidak terhibur.

“Biro keamanan publik Distrik Chaoyang telah memberlakukan penahanan administratif terhadapnya sesuai dengan hukum,” kata polisi dalam sebuah pernyataan pada Jumat (16/6/2023), dikutip dari AFP.

Polisi mengidentifikasi pria berusia 18 tahun itu dengan nama keluarga Di.

Polisi memerintahkan Di untuk tidak menghadiri pertandingan di stadion selama dua belas bulan ke depan.

“Di juga menyatakan penyesalan atas tindakannya dan menerima hukuman dari badan keamanan publik,” tambah pernyataan dari polisi, tanpa menyebutkan berapa lama Di akan ditahan ataukah telah dibebaskan.

Bagaimanapun, Messi juga memiliki banyak idola di China.

Pada kenyataannya, lebih dari 50.000 orang rela panas-panasan di Beijing pada hari Kamis untuk bisa menyaksikan Messi memimpin timnya meraih kemenangan 2-0 atas timnas Australia.

Banyak fan yang mengenakan kaos replika bertuliskan nama Messi, sementara yang lain mengenakan cat wajah biru-putih dan mengibarkan miniatur bendera Argentina.

Tak hanya menyerbu stadion, sejak awal pekan ini, ratusan fan di China juga telah memadati hotel tempat menginap para pemain timnas Argentina.

Mereka juga berbaris di jalan-jalan yang dijaga ketat dengan harapan dapat melihat sekilas pahlawan mereka.

Seorang fan bahkan mengaku kepada AFP bahwa dirinya sempat mencoba bersembunyi di dalam lemari petugas kebersihan di hotel tim Argentina dengan harapan bisa mendekati Messi.

Namun, dia tertangkap dan diinterogasi oleh pihak keamanan hotel sebelum akhirnya dibebaskan.