redaksiharian.comJakarta, CNBC Indonesia – Suku bunga acuan bank sentral Amerika Serikat atau Federal Reserve/The Fed ditahan pada pertemuan Juni. Untuk rumah tangga, bagaimanapun, itu menawarkan sedikit kelegaan dari biaya pinjaman yang tinggi .

Sejak Maret 2022, bank sentral telah menaikkan suku bunga acuannya sebanyak 10 kali berturut-turut ke kisaran target 5%-5,25%, laju pengetatan tercepat sejak awal 1980-an. Inflasi mulai mendingin tetapi masih jauh di atas target Fed 2%.

Pada saat yang sama, pertumbuhan upah belum mampu mengimbangi harga yang lebih tinggi bagi banyak orang Amerika. Akibatnya, sebagian besar rumah tangga terjepit dan terlilit hutang tepat ketika suku bunga pinjaman mencapai rekor tertinggi.

Tingkat dana federal, yang ditetapkan oleh bank sentral, adalah tingkat bunga di mana bank meminjam dan meminjamkan satu sama lain dalam semalam.

Meskipun itu bukan tingkat yang dibayar konsumen, langkah Fed masih mempengaruhi tingkat pinjaman dan tabungan yang mereka lihat setiap hari. Suku bunga acuan The Fed saat ini berada pada level tertinggi sejak Agustus 2007.

Berikut rincian bagaimana hal itu mempengaruhi konsumen di AS:

Kartu kredit

Karena sebagian besar kartu kredit memiliki tarif variabel, ada hubungan langsung dengan tolok ukur The Fed. Ketika suku bunga dana federal naik, suku bunga utama juga demikian, dan suku bunga kartu kredit mengikutinya.

Tingkat persentase tahunan kartu kredit sekarang rata-rata lebih dari 20%, tertinggi sepanjang masa. Selanjutnya, dengan kebanyakan orang merasa tertekan oleh harga yang lebih tinggi, lebih banyak pemegang kartu yang memiliki hutang dari bulan ke bulan .

“Kenyataannya adalah bahwa suku bunga kartu kredit saat ini cenderung setinggi beberapa dekade, dan mungkin masih akan merayap lebih tinggi dalam waktu dekat, meskipun The Fed memilih untuk tidak menaikkan suku bunga bulan ini,” dia dikatakan.

Pinjaman rumah

Meskipun tingkat hipotek 15 tahun dan 30 tahun adalah tetap, dan terkait dengan imbal hasil Treasury dan ekonomi, siapa pun yang berbelanja untuk rumah baru telah kehilangan daya beli yang cukup besar, sebagian karena inflasi dan langkah kebijakan Fed.

Tingkat rata-rata untuk hipotek 30 tahun dengan tingkat bunga tetap saat ini berada di dekat 6,7%, turun sedikit dari tertinggi Oktober tetapi masih jauh di atas tahun lalu.

Pinjaman mobil

Meskipun kredit mobil bersifat tetap, pembayaran semakin besar karena harga semua mobil naik seiring dengan suku bunga pinjaman baru. Jadi jika Anda berencana membeli mobil , Anda masih akan mengeluarkan lebih banyak uang di bulan-bulan mendatang.

Tingkat rata-rata pinjaman mobil baru lima tahun sekarang 6,87%, tertinggi sejak 2010, menurut Bankrate.

Menjaga dengan biaya yang lebih tinggi telah menjadi tantangan, penelitian menunjukkan , dengan lebih banyak peminjam yang tertinggal dalam pembayaran pinjaman bulanan mereka.

CNBCINDONESIA RESEARCH

research@cnbcindonesia.com