redaksiharian.com – Haris Azhar tak terima dengan pernyataan Hakim Cokorda Gede yang diduga bermuatan seksisme . Hal itu disampaikannya dalam sidang pencemaran nama baik yang diduga dilakukan dirinya dan Fatia.Menurut Haris Azhar, ia menekankan agar tidak menggunakan kata ‘perempuan’ untuk menyebut sesuatu yang lemah. Tak hanya oleh pria itu, penentangan terhadap pernyataan sang hakim juga datang dari kuasa hukumnya.”Jangan gunakan perempuan untuk menggambarkan sesuatu yang lemah. Ibu saya suaranya lebih keras dari Anda,” kata Haris seraya emosinya tersulut.”Yang Mulia, saya pengacara perempuan, apakah kemudian perempuan tidak bisa bersidang di ruangan ini, Yang Mulia,” tutur salah satu kuasa hukum Haris yang berjenis kelamin perempuan.

Seksisme adalah pernyataan yang memiliki muatan prasangka atau diskriminasi terhadap gender atau jenis kelamin. Kaum perempuan adalah sosok yang paling sering terkena serangan tersebut.Kata-kata bermuatan seksisme dipakai untuk menguatkan patriarki atau dominasi kaum lelaki. Seseorang yang memiliki pandangan tersebut akan beranggapan bahwa ada beda antara perempuan yang dianggap lebih lemah, sedangkan lelaki dianggap unggul dalam rasio dan logika.Selain itu, paham itu menghasilkan orang-orang yang beranggapan bahwa pemimpin yang baik dalam urusan politik, bisnis, dan akademik adalah lelaki, bukan perempuan, dilansir dari laman Britannica.

Warganet ramai-ramai mengecam pernyataan dugaan seksisme dari Cokorda Gede yang memimpin sidang hari ini tersebut. Hal itu terungkap lewat kolom komentar unggahan akun Instagram @bersihkanindonesia.Dalam sidang yang mengundang Luhut Pandjaitan sebagai saksi tersebut, Cokorda menyebut suara salah satu tim kuasa hukum Haris dan Fatia yang berjenis kelamin lelaki justru memiliki suara seperti perempuan.”Gak pantes disebut “Yang Mulia”. Nilai dan cara pandangnya rendahan. Keliatan dari cara bicara yang merendahkan,” kata akun @jeanny*****”Suara perempuan emangnya kenapa? Lahir dari batu?” tulis akun Instagram @penulis********”Malah nyerang pribadi. Memalukan,” ujar akun @ihsan*******