redaksiharian.com – Banyak orang tertarik dengan dunia bisnis, dan ingin mulai membuka usaha. Namun salah satu yang kerap terjadi yaitu bingung dengan bisnis yang akan dijalani. Untuk itu, cari tahu ide usaha yang cocok untuk pemula di bawah ini!

Menjalankan bisnis tentu tak semudah yang dipikirkan, melainkan termasuk pekerjaan sulit yang memerlukan perencanaan matang. Dinukil dari laman Designhill, hasil penelitian melaporkan sekitar 80 persen bisnis baru langsung gulung tikar pada tahun pertamanya.

Ini merupakan tingkat kegagalan yang cukup besar, dan bisa dibilang sebagai tanda waspada bagi orang yang hendak membangun usaha.

Disebutkan, salah satu penyebab tingginya kegagalan bisnis, bisa jadi karena para pengusaha memilih ide usaha yang salah. Juga ide tersebut tidak didukung oleh riset dan perencanaan yang baik.

Supaya detikers bisa terhindar dari ide bisnis yang gagal, terdapat kriteria ide bisnis yang bagus dan bisa digeluti untuk pemula. Berikut empat cirinya yang dirangkum dari laman HubSpot:

Ide bisnis akan lebih bagus bila memanfaatkan keahlian yang dimiliki, sehingga kemungkinan bisa memerlukan sedikit pelatihan (training), atau bahkan tidak sama sekali. Hal ini bukan hanya akan meminimalisir waktu peluncuran produk, tetapi juga menghemat pengeluaran.

Memulai bisnis dengan biaya yang sedikit alias rendah menjadi salah satu kriteria ide usaha yang bagus untuk pemula. Pengeluaran dana mungkin hanya perlu untuk membeli domain situs web, atau peralatan pendukung lain.

Bisnis dalam jaringan (daring) internet atau online menjadi usaha yang mudah dijalankan. Disebutkan, biaya berbisnis online tak memerlukan biaya seperti usaha konvensional.

Sebagai pemula bisnis kecil, seseorang biasanya belum memiliki dana yang banyak untuk mempekerjakan orang lain. Untuk itu setidaknya pada awal usaha, seseorang harus bisa mengelola bisnisnya secara mandiri.

Setelah mengetahui kriteria ide bisnis yang baik, berikut beberapa ide usaha cocok untuk pemula yang dikutip dari berbagai sumber:

Disebut juga sebagai product reviewer, banyak perusahaan rintisan atau individu yang mencari orang untuk mengulas dan menilai barang atau jasa yang mereka kembangkan. Tujuannya untuk mendorong masyarakat membeli produk tersebut.

Jika detikers suka menulis, atau sekarang dapat mengulas melalui sebuah video, maka ini bisa menjadi ide usaha yang cocok untuk pemula. Ulasan bisa melalui blog atau akun media sosial pribadi.

Dengan memberikan ulasan, seseorang dapat memperoleh imbalan dari kliennya, Namun sebelum mengulas, seseorang disarankan untuk memahami dan meninjau produk terlebih dahulu.

Bukan hanya tentang memotret gambar semata, seorang fotografer hendaknya juga menangkap emosi yang tersirat dalam gambar tersebut. Banyak orang yang dahulunya hanya hobi memotret, tapi kini ia jadikan sebagai bisnis pribadi.

Keahlian mengambil gambar perlu terus dilatih. Dan untuk mengambil perhatian orang lain, seseorang bisa langsung mengunggah karya foto yang telah ia ambilnya itu ke media sosial, atau akun lainnya.

Produk kecantikan telah menjamur sekarang ini, dan orang-orang juga semakin banyak yang menggunakannya. Kemampuan merias yang seseorang miliki, bisa terus dilatih hingga menjadi mahir.

Setelah keahlian tata rias telah dikuasai, detikers bisa buka jasa make up artist. Disebutkan, bisnis ini adalah usaha rumahan yang sukses saat ini. Selain itu, waktu kerjanya pun fleksibel.

Layanan belajar online atau daring makin menjamur sekarang ini. Didukung dengan penggunaan internet yang mudah dan meluas, serta sebagian orang tidak memiliki waktu untuk mengikuti kelas tatap muka. Untuk itu, usaha kelas virtual ini bisa jadi ide bisnis yang menguntungan.

Konsumsi media semakin meningkat hingga sekarang. Hal ini yang mendorong banyak orang menjadi pembuat konten bagi orang lain. Dan bisnis agensi content creator ini bisa dicoba untuk pemula.

Pasalnya, seorang pembuat konten terkadang memerlukan ide atau peralatan yang mendukung. Di sinilah ide bisni agensi content creator diperlukan, yang mana bisa membantu mereka dalam membuat konten yang menarik dan unik.

Itulah lima ide usaha yang cocok untuk pemula. Apakah detikers tertarik coba?