redaksiharian.com – Seorang komandan militer Rusia yang berpangkat Mayor Jenderal dilaporkan tewas setelah terkena serangan rudal Ukraina dalam pertempuran di wilayah Zaporizhzhia . Kematian komandan militer itu terjadi saat pasukan Kiev melancarkan serangan balasan untuk merebut wilayahnya yang diduduki pasukan Moskow.

Seperti dilansir Alarabiya News, Rabu (14/6/2023), kematian seorang jenderal militer Rusia itu dilaporkan oleh seorang pejabat pro-Rusia di wilayah Ukraina dan seorang koresponden perang pro-Kremlin dalam pernyataan via Telegram pada Selasa (13/6) waktu setempat.

“Sebagai akibat dari serangan rudal musuh, Mayor Jenderal Sergei Goryachev, yang menjabat Kepala Staf Angkatan Darat Gabungan ke-35, tewas,” ungkap seorang reporter perang pro-Kremlin, Yury Kotyonok, yang juga seorang blogger ternama Rusia dalam pernyataan via Telegram.

“Perang merenggut yang terbaik… Pasukan hari ini kehilangan salah satu pemimpin militer yang paling cemerlang dan paling efektif, yang menggabungkan profesionalisme tertinggi dengan keberanian pribadi,” sebutnya.

Seorang pejabat yang ditunjuk Kremlin di wilayah Zaporizhzhia, Vladimir Rogov, menyatakan duka cita via Telegram atas meninggalnya Goryachev yang berusia 52 tahun dan sangat dihormati di Rusia.

Baik Kotyonok maupun Rogov tidak menyebut lebih lanjut penyebab kematian Goryachev.

Namun media Inggris The Sun, yang mengutip sumber-sumber perang, melaporkan bahwa Goryachev tewas setelah terkena serangan rudal jarak jauh Storm Shadow yang dipasok oleh Inggris untuk Ukraina.

Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan Video ‘Rusia Sebut Ukraina Serang Kapal Perangnya di Laut Hitam’:

Belum ada konfirmasi resmi dari Kementerian Pertahanan Rusia untuk kematian Goryachev.

Sementara itu, menurut outlet media independen Rusia MediaZona, sejak awal perang di Ukraina yang dipicu invasi Moskow setahun lalu, lebih dari 200 perwira militer Rusia dikonfirmasi secara resmi tewas dalam pertempuran.

Angka itu terdiri atas empat Mayor Jenderal, 58 Kolonel, 175 Letnan Kolonel dan dua Kapten Militer.