redaksiharian.com – Kualitas udara yang buruk berdampak negatif pada kesehatan paru-paru. Menghirup polutan udara dapat mengiritasi saluran pernapasan Anda dan dapat menyebabkan sesak napas, batuk, asma, dan bronkitis.

Namun, ada banyak cara untuk melakukan pembersihan paru-paru, termasuk mengubah gaya hidup dan olahraga untuk membantu organ vital tersebut membuang kelebihan cairan.

Berikut adalah cara alami yang efektif membersihkan paru-paru melansir Healthline.

Mulailah membersihkan paru-paru Anda dengan meningkatkan kualitas udara di rumah Anda. Anda dapat membeli pembersih udara yang dapat ditempatkan di masing-masing kamar.

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa pengharum ruangan seperti lilin aroma terapi, atau pengharum otomatis membuat udara di rumah segar. Nyatanya hal itu tidak benar karena wewangian tersebut seringkali mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat mengiritasi paru-paru Anda.

Menghirup banyak udara segar dapat membantu memperluas jaringan di paru-paru Anda dan membuatnya bekerja dengan baik.

Periksa prakiraan polusi di daerah Anda. Hindari berolahraga di luar saat angka polusi tinggi, dan jauhi pembakaran sampah, pembakaran kayu, atau jenis asap lainnya. Jika khawatir tentang polusi, gunakan masker penyaring udara.

Latihan pernapasan tertentu dapat meningkatkan fungsi paru-paru, terutama bagi individu yang saat ini merokok, yang pernah merokok, atau yang mengalami kerusakan paru-paru akibat penyakit paru-paru kronis.

Ada juga alat yang bisa membantu Anda melatih pernapasan, seperti spirometer. Perangkat semacam ini sering digunakan setelah operasi untuk membantu proses pemulihan.

Pola makan Anda dapat memengaruhi kesehatan paru-paru Anda dalam berbagai cara. Anda bisa mengonsumsi makanan kaya vitamin D yang dapat meningkatkan kesehatan paru-paru.

Sebuah studi tahun 2017 terhadap penderita asma menemukan bahwa kadar vitamin D yang sehat mengurangi jumlah serangan asma yang memerlukan pengobatan kortikosteroid.

Selain vitamin D, makanan dan minuman tertentu yang mengandung senyawa antioksidan dan anti-inflamasi juga dapat mengurangi peradangan saluran napas. Anda bisa mencoba minum teh hijau, makan buah beri, brokoli, kunyit, dan cokelat hitam.

Untuk menjaga kesehatan paru-paru, Anda juga bisa memilih pola makan yang rendah karbohidrat dan tinggi lemak sehat. Proses metabolisme karbohidrat menghasilkan lebih banyak karbon dioksida dan menggunakan lebih banyak oksigen dibandingkan metabolisme lemak.