redaksiharian.com – Remaja berusia 17 Asal Ukraina menghasilkan uang dari hobinya bermain Minecraft. Bahkan dia juga bisa membelikan ibunya sebuah rumah.

Maksym Gavrylenko yang kini bersekolah di Skotlandia awalnya membeli server Minecraft seharga 1.000 Pound Sterling atau Rp 18,5 juta pada 2021. Setelah melakukan perombakan, server itu kini telah dijual.

Dikutip dari Metro, Kamis (8/6/2023), hasil penjualan itu cukup untuk membelikan ibunya rumah baru. Diketahui ibunya melarikan diri dari Ukraina usai negaranya dilanda konflik.

Maksym kini tinggal di asrama di Skotlandia, sementara ibunya tinggal di Portugal bersama kerabat. Kakek dan neneknya tetap tinggal di Kyiv, ibu kota Ukraina.

Kesuksesannya ini tak lepas dari bantuan saudara laki-lakinya yang bekerja di bidang teknologi. Tak ayal hobinya bisa menjadi bisnis yang menguntungkan.

“Saya sangat bangga saya dapat mengubah hobi menjadi bisnis yang menguntungkan, dan saya berencana untuk merawat ibu saya,” katanya.

Akibat konflik Rusia-Ukraina ibunya terpaksa meninggalkan rumahnya dan menjadi tunawisma. Menurutnya menghadiahi ibunya properti akan membuat server Minecraft yang dikembangkannya jadi lebih berharga.

Ia menjalankan server Minecraft yang memungkinkan pemain dari seluruh dunia terhubung dan bermain bersama. Hal ini menarik perhatian pengiklan hingga menaikkan nilai jual server. Maksym menjual server tersebut menyusul penawaran yang menggiurkan dari sebuah perusahaan teknologi bulan lalu.

“Kami tidak pernah membayangkan hal ini akan berkembang menjadi peluang bisnis yang layak, tetapi dengan bimbingan dari saudara laki-laki saya yang bekerja di bidang teknologi, saya terdorong untuk mencoba kemungkinan untuk mengubahnya menjadi sesuatu yang lebih besar,” tuturnya.

Selain hobi bermain game ia sangat menikmati sisi kewirausahaan dari proyek server Minecraft. Ia pun berencana kuliah dan mengambil jurusan manajemen bisnis.